Menhub Budi Pergoki Taksi Online yang Remnya Blong

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Gedung UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Tangerang haru ini. Pengecekan tersebut terkait memantau proses uji KIR yang dilakukan secara gratis pula yang diterapkan di 10 kota besar lainnya.

Penumpang Transportasi Lebih dari 50 Persen Dilakukan Bertahap

Pantauan VIVA, Budi yang tiba pukul 09.00 WIB tersebut langsung mengecek proses cek emisi, tonase dan pengereman. Khususnya pada mobil kendaraan pribadi yang digunakan sebagai transportasi online.

Dalam pengecekan tersebut pun terungkap bahwa ada beberapa taksi online yang remnya tidak sesuai standar yang diterapkan. Fakta ini lah yang memperkuat uji kendaraan harus dilakukan. 

Jokowi Diyakini Sehat Usai Lakukan Tes Corona COVID-19

"Tadi sudah saya cek dan ternyata terdapat fakta baru, yakni ada beberapa kendaraan taksi online yang nyatanya remnya blong. Dan saat saya tanya kepada pengemudinya, ternyata dia juga tidak tahu kalau remnya blong," ujar Budi, Selasa 6 Maret 2018.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menguak Jejak Menteri Perhubungan Sebelum Positif Corona

Budi menjelaskan, bagi kendaraan yang mengalami kerusakan akan diminta untuk diperbaiki, dan kembali untuk melakukan uji kir yang diberikan secara gratis.

"Kalau nanti uji kir lagi mereka tinggal ikuti bagian mana yang tidak lulusnya, tidak perlu dari awal dan ini gratis," ujar Menteri Budi.

Usai dilakukan uji kir, kendaraan khususnya para taksi online akan diberikan tanda dengan dikalungkan di jaringan kabel di mesin menggunakan tali timah yang sudah disiapkan.

"Mobilnya tidak akan diketok seperti yang dikhawatirkan tapi akan dikalungkan saja," ungkap Budi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya