Begini Aturan Main Beli Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi mudik.
Sumber :
  • ANTARA/ Reza Fitriyanto

VIVA – Bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman menggunakan kereta api, PT Kereta Api Indonesia sudah mengeluarkan jadwal pembelian tiket dari H-16 hingga H+12 Idul Fitri yang jatuh pada 15-16 Juni 2018. 

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Namun, dikutip dari pengumuman PT KAI, Kamis 7 Maret 2018, untuk mendapat tiket yang keberangkatan dan kepulangan, Anda harus benar-benar memperhatikan jadwal yang sudah dikeluarkan. Sebab, tiket tidak bisa dibeli sekaligus, tetapi pembelian tiket hanya bisa dilakukan per harinya sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. 

Sebagai contoh, untuk pembelian tiket keberangkatan tanggal H-16 atau 30 Mei 2018 bisa mulai dibeli pada 1 Maret 2018. Pola itu berlanjut hingga pembelian tiket H+12 yang jatuh pada 28 Juni mendatang. 

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Artinya, jika Anda berencana untuk pulang kampung di H-3 Lebaran, pembelian tiket baru bisa dilakukan pada Rabu 14 Maret mendatang. Sementara itu, untuk kepulangan H+3 yang jatuh pada 19 Juni 2018, tiket baru bisa dibeli pada 21 Maret mendatang. 

Pantauan VIVA di situs resmi KAI (kai.id) hari ini, tiket kereta api yang bisa dibeli baru dibuka hingga H-10 yaitu 5 Juni 2018. Animo masyarakat pun belum terlihat, sebab masih banyak tiket kereta api yang tersedia baik ekonomi hingga eksekutif. 

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto mengatakan, masih sedikitnya animo masyarakat tersebut untuk pembelian H-10 ini adalah hal yang wajar. Peningkatan pembelian tiket kereta api diperkirakan baru terjadi untuk pembelian tiket menjelang Lebaran. 

"Untuk awal-awal begini yang menjadi fokus adalah H-2 dan H-3," ujarnya kepada VIVA. 

Pembelian tiket kereta api bisa dilakukan dengan sistem online di situs resmi kereta api dan e-commerce yang bekerja sama dengan KAI, atau melalui mesin elektronik yang ada di stasiun. Waktu pemesanan mulai dari pukul 00.01 setiap harinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya