Gelontorkan 13 Ribu Ton, Mendag Janji Harga Beras Rp9 Ribuan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan siap menggelontorkan 10 ribu hingga 13 ribu ton beras. Upaya itu nantinya agar harga jual beras hanya Rp9.450 per kg.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

"Berapa pun, 10 ribu, 13 ribu ton kami kasih. Simpan gudang, kelamaan, saya periksa gudang. Numpuk kami segel," kata Enggartiasto di gedung DPR, Jakarta, Jumat 9 Maret 2018.

Ia mengklaim, saat ini pun sebenarnya harga beras sudah mulai turun. Nanti, pada saat yang tepat, pemerintah akan menggelontorkan stok beras.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

"Semua pedagang jual Rp9.450. Beras dari mana saja," kata Enggartiasto.

Ilustasi harga sejumlah beras yang ada di pedagang pasar.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Ilustrasi harga beras di pasar.

Ia menjelaskan, Maret 2018 semua petani sudah memanen, sehingga kalau harga gabah yang dihasilkan berada di bawah Harga Pembelian Pemerintah atau HPP maka pasti akan diserap.

"Tak perlu ada kekhawatiran dan tidak dipertentangkan. Yakinlah pemerintah hadir. Targetnya minggu depan digelontorin berapa saja. Enggak ada khawatir, sebenarnya psikologi pasar, semua pedagang ada, pasti harga turun," katanya.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Perdagangan untuk harga rata-rata bahan pokok khususnya beras medium nasional pada Jumat 9 Maret 2018 berada di harga Rp10.814 per kg.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya