Menkeu Sri Sebut Isu Kenaikan Gaji Presiden Hoax

Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, isu kenaikan gaji Presiden Joko Widodo yang beredar adalah tidak benar. Sri membantah, pemerintah pernah membahas masalah kenaikan gaji orang nomor satu di Indonesia itu. 

Ditanya Peluang Jadi Menkeu Lagi, Begini Jawaban Chatib Basri

"Itu tidak ada dan belum pernah dibahas. dan menurut saya yang disampaikan MenPAN-RB (Asman Abnur) bahwa itu adalah hoax, ya memang begitu," kata Sri, di Istana Bogor, Senin 12 Maret 2018.

Mantan Direktur Bank Dunia itu menilai, ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menyebar hoax tentang kenaikan gaji Presiden Jokowi. Bahkan, canggihnya sampai dibuatkan grafis yang seolah-olah benar.

Sri Mulyani Hibahkan Karpet-Sajadah Impor Ilegal Senilai Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bekasi

Sejumlah menteri di Istana Bogor usai rapat dengan Presiden Joko Widodo

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

"Di dalam kurun media sosial yang sekarang ini banyak sekali informasi-informasi yang dibuat, dan dokumen dokumen yang dibuat seperti mirip dengan pemerintah, kemudian dipublikasikan. Jadi, kita tidak ada pembahasan mengenai hal itu sama sekali, sama sekali tidak ada," jelasnya. 

Sementara itu, untuk gaji PNS nantinya akan dibahas dalam RKP 2019 dan RAPBN 2019.

"Kita akan men-design berdasarkan sesuai yang selama ini kita sampaikan pada dewan. Di dalam nota keuangan biasanya kenaikan gaji maupun pembayaran gaji ke 13 maupun untuk pensiun itu biasanya dimasukkan oleh Presiden pada saat nota keuangan bulan Agustus," jelasnya. 

Sebagai informasi, saat ini pemerintah masih membahas perubahan struktur gaji baru PNS. Sri pada awal tahun ini mengungkapkan, tidak hanya struktur gaji yang diwacanakan berubah, tetapi juga tunjangan dan pensiun PNS. 

Baca juga: Menkeu Lapor Gaji Baru PNS ke Presiden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya