Lebaran Mau Angkut Motor ke Kereta? Begini Caranya

Pengiriman motor menggunakan jalur kereta api.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA – PT Kereta Api Indonesia saat ini sudah bersiap-siap menghadapi arus mudik libur Hari Raya Idul Fitri 2018. Salah satunya adalah angkutan Motor Gratis (Motis) bagi para pemudik yang akan menikmati lebaran di kampung halaman.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Direktur Operasional PT KAI Slamet Suseno Priyanto menyatakan, menghadapi Lebaran 2018, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan akan menyediakan angkutan khusus mengantar kendaraan bermotor roda dua untuk para pemudik di Pulau Jawa.

"KAI menyiapkan total kapasitas motor yang dapat diangkut dengan kereta api sebanyak 18.096 unit motor selama 13 hari mulai 8 Juni sampai dengan 25 Juni 2018," kata Slamet Suseno di kantor Jakarta Railway Center, Jalan Ir. H. Juanda I B, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

Ia menambahkan, angkutan Motis akan dibagi menjadi tiga relasi. Relasi pertama Lintas Utara dengan rute Jakarta Gudang-Surabaya Pasar Turi. Relasi kedua, Lintas Selatan 1 dengan rute Jakarta Gudang-Kutoarjo. Dan relasi ketiga, Lintas Selatan 2 dengan rute Jakarta Gudang-Blitar.

"Ini semuanya PP (Pulang-Pergi)," ujarnya.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

Paket Kiriman Motor Via Kereta Meningkat

Adapun cara untuk menikmati fasilitas pengiriman motor gratis angkutan mudik Lebaran 2018, Ditjen Perkeretaapian telah membuka layanan pemesanan tiket dengan cara sebagai berikut :

1. Pendaftaran online Motis dapat dilakukan sejak 9 Februari sampai dengan 24 Juni 2018. Pendaftaran dapat diakses melalui mudikgratis.dephub.go.id

2. Pendaftaran motor langsung di stasiun yang ditunjuk, dapat dilakukan sejak 9 Februari sampai dengan 9 Mei 2018 (fasilitas tiket KA Ekonomi PSO dan KA Ekonomi non PSO).

Pendaftaran dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Bandung, Stasiun Serpong, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong.

3. Pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi pemesanan tiket, PT KAI juga memfasilitasi penjualan tiket dengan menggunakan KA tambahan lebaran sampai dengan H+30 dari awal penjualan tiket KA tambahan lebaran yang dapat dilakukan pada 9 Mei sampai dengan 24 Juni 2018.

Adapun pembelian tiket dapat dilakukan di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Bandung, Stasiun Serpong, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong.

4. Pendaftaran langsung motor untuk contra flow/daerah juga dapat dilakukan sejak 9 Mei sampai dengan 24 Juni 2018 di stasiun persinggahan KA Motis di daerah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya