Intip Bentuk Bandara Kertajati Setelah Diumumkan ke Dunia

Maket Bandar Udara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.
Sumber :
  • wikipedia

VIVA – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada 1 Maret 2018 telah mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa di Indonesia khususnya wilayah Majalengka telah mengoperasikan bandara internasional baru.

Mulai 29 Oktober 2023, AirAsia Layani Rute Penerbangan Kertajati-Denpasar

Bandara tersebut adalah Bandara Kertajati yang nantinya akan dipakai secara umum sebagai bandara internasional baru di wilayah Jawa Barat. Bandara ini juga nantinya akan dipakai sebagai embarkasi haji bagi jemaah haji Jawa Barat.

"Per 1 Maret ini sudah kita publish ke seluruh dunia bahwa ada airport baru di Kertajati dan akan diterbangin secara umum, dan pada penerbangan perdana pemberangkatan jemaah haji yang dari Jawa Barat," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, Jumat 10 Maret 2018.

369 Jemaah Haji Akan Terbang Perdana dari Bandara Kertajati Malam Ini
Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jemaah

Saat ini, lanjut Agus, Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dalam proses finishing dan diperkirakan rampung dan dapat dioperasikan pada 2018.

Sejauh ini, persiapan yang ada di Bandara Kertajati sudah hampir rampung. Baik dari landasan pendaratannya, maupun juga untuk segala hal yang terkait dengan sistem lalu lintas udaranya.

"Kita tahu bahwa kesiapan untuk airset ini sudah 100 persen tidak hanya di runway, kemudian taxi way juga apron. Bahkan jalan untuk GSE pun sudah siap, tower sudah siap. Isinya juga sudah lengkap," ujarnya.

Terkait runway yang ada, saat ini menurut Agus masih dapat digunakan dengan panjang runway 2.500 meter. Karena panjang runway tersebut tidak jauh berbeda dengan panjang runway di Solo, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya