Uji Coba di Korea, Begini Tampang Garang Kereta LRT Jakpro

Kereta LRT Jakarta rute Veldrome-Kelapa Gading.
Sumber :
  • dok. Jakpro

VIVA – Proyek Light Rail Transit rute Veldrome-Kelapa Gading sepanjang 5,8 kilometer terus dikebut pembangunannya. Proyek yang diperuntukan mendukung gelaran Asian Games 2018 progres pembangunannya telah melebihi 50 persen.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Sementara itu, untuk pengadaan sarana atau rolling stock kereta ditargetkan bakal dimulai pada April. Sedangkan kereta LRT Jakarta akan didatangkan dari Korea Selatan, berbeda dengan kereta LRT Jabodebek dan LRT Palembang.

Dikutip dari Instagram Direktur Utama Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi @sheragandhi, menyebutkan kereta LRT Jakarta telah siap beroperasi dan dalam waktu dekat akan segera dikirim ke Indonesia.

Tim Gegana Sempat Diturunkan ke TKP Kebakaran Depo LRT Kelapa Gading
Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Menurutnya, kereta LRT Jakarta ini memilki desain berbeda dan mengikuti dengan kepadatan kota. LRT Jakpro didesain untuk konfigurasi dua cars per setnya dan bisa disambung.

Per set, lanjut dia, bisa mengangkut hingga 279 penumpang. Konfigurasinya pun bisa tiga set ataupun lebih tergantung dari demand dan panjang emplasemen stasiun.

"Untuk tiga set dapat diangkut 279 X 3 penumpang. Selain itu LRT Jakpro juga didesain melayani daerah residential dengan kepadatan tinggi, sehingga radius beloknya juga yang paling kecil di antara semua spec kereta yang lain, untuk memudahkan manuverability dalam pergerakannya," jelasnya, dikutip Rabu 14 Maret 2018.

Adapun dalam penampakannya, di badan kereta didominasi warna merah dan putih. Kereta tersebut mirip sekali dengan Sky Train yang saat ini telah beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya