BI Pastikan Fluktuasi Rupiah Bisa Dikendalikan

Nilai tukar Rupiah
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA – Bank Indonesia menegaskan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak akan terpuruk jauh dari fundamentalnya. Hal tersebut terlihat dari laju inflasi yang masih terkendali saat ini di kisaran 2,5-4,5 persen. 

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Doddy Zulverdi pun mengatakan, hal itu juga didukung dengan defisit neraca transaksi pembayaran yang terjaga di level 2,-2,5 persen terhadap PDB, dan juga prospek pemulihan pertumbuhan ekonomi.

"Fundamental ekonomi kita stabil sesuai dengan faktor-faktor yang sudah disebutkan," kata Doddy di Gedung BI, 14 Maret 2018.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Meski demikian Doddy mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah yang hampir menyentuh level Rp13.800 per dolar terhadap dolar AS saat tidak mencerminkan nilai fundamental ekonomi Indonesia. BI pun terus melakukan berbagai upaya stabilisasi, sehingga rupiah bisa menguat. 

Upaya stabilitas nilai rupiah pun tercermin dari turunnya cadangan devisa RI saat ini. Karena, intervensi di pasar keuangan harus dilakukan. 

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

"Intinya kami komit. Kelihatan dari cadangan devisa yang berkurang. Dari Januari yang US$131,98 miliar menjadi US$128,06 miliar. Jadi turun US$3,9 miliar dolar. Itu cerminan dari stabilisasi dan juga valas (Valuta Asing)," kata Doddy.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, Rupiah terus menguat pekan ini. Hari ini dolar AS dibanderol Rp13.739, menguat dari hari sebelumnya senilai RP13.757 per dolar AS. 

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir akan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024