Monumen Kapsul Waktu Dibangun di Merauke, Begini Progresnya

Menteri pupr dan Bupati merauke kunjungi proyek monumen kapsul waktu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raden Jihad Akbar

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meninjau Pembangunan Kawasan Monumen Kapsul Waktu di Merauke Papua. Kawasan itu merupakan tempat penyimpanan kapsul yang berisi ratusan harapan masyarakat indonesia 70 tahun mendatang.

Ketika Jokowi Goda Menteri Basuki Saat Kemah di IKN

Sejak dibangun pada Juli 2017, saat ini, pembangunan kawasan tersebut telah mencapai 59 persen. Kawasan ini pun ditargetkan akan selesai pada Desember 2018, namun Basuki menginstruksikan untuk percepatan pembangunan tersebut.

"Mudah-mudahan akan selesai Oktober nanti," ujar Basuki di Merauke, Papua, Kamis 15 Maret 2018.

PUPR Pacu Pembangunan Infrastruktur Food Estate Humbang Hasundutan

Dia pun mengaku bangga diberikan amanat oleh Jokowi untuk membangun monumen ini. Apalagi, akan menjadi salah satu catatan sejarah RI di masa depan.

"Ini ada mimpinya anak Indonesia 70 tahun lagi nanti kayak apa Indonesia," tegasnya.

40 Tahun Tak Direvitalisasi, Menteri Basuki Sulap TMII Jadi Begini

Kapsul Waktu 2085 di UGM

Kapsul waktu mimpi anak Indonesia saat berada di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sementara itu, Bupati Merauke  Frederikus Gebze mengungkapkan, monumen ini bukanlah konstruksi biasa. Tapi, merupakan karya seni sejarah yang diperuntukan untuk generasi penerus bangsa.

"Nantinya, akan diceritakan dalam bentuk relief, perjalanan napak tilas Indonesia. Karena itu, ini ditaruh di ujung timur yang tiap hari matahari memancar bagai mata yang menggambarkan pembangunan Indonesia," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, monumen ini akan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah favorit di Merauke. Yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisata RI di daerah-daerah perbatasan.

"Ini juga harapan pak Jokowi bahwa seluruh orang Indonesia datang melihat mimpinya di ujung timur Nusantara," tambahnya.

kapsul waktu 2085 sambangi balaikota dki jakarta

Sebagai informasi, kapsul waktu ini berisi 238 impian anak Indonesia yang diambil dari 34 provinsi. Impian tersebut mulai dikumpulkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015, dan ditandai dengan tulisan Jokowi yang berisi impian dan mimpinya untuk Indonesia 70 mendatang.

Proyek monumen ini digarap oleh PT Nindya Karya Wilayah V, di bawah pengawasan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Pada 2016, pekerjaan tahap 1 dilakukan dengan anggaran Rp7 miliar.

Kemudian pada 2017-2018, proyek ini dilanjutkan dengan sistem kontrak tahun jamak senilai Rp82,97 miliar. Hingga 10 Maret realisasi anggaran proyek tersebut telah mencapai 54,33 persen. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya