China Kuasai Pangsa Impor Indonesia

iPhone X di Beijing, China.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA –  Badan Pusat Statistik mencatat, barang-barang impor yang masuk ke Indonesia masih didominasi barang-barang dari China.  Menurut catatan BPS, China menguasai pangsa pasar Indonesia dengan nilai mencapai US$7,27 miliar atau 29,09 persen dari total pangsa pasar impor.

Bea Cukai Langsa Aceh Sita Onderdil Harley Davidson

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan barang-barang impor dari China yang masuk ke Indonesia mayoritas peralatan elektronik atau golongan mesin dan peralatan listrik seperti laptop, notebook, serta ponsel merek iPhone.

"Berdasarkan negara, impor berasal dari Tiongkok terbesar. Yang diimpor terbesar dari Tiongkok itu laptop, notebook, dan iPhone," katanya di Gedung BPS, Jakarta, 15 Maret 2018.

Seluruh Personel AD, AL dan AU Dilarang Pakai iPhone, Bolehnya Samsung

BPS mencatat untuk impor mesin dan peralatan listrik secara total mencapai US$3,59 miliar atau 14,34 persen dari total impor selama Februari 2018.

BPS juga mencatat, setelah China, pangsa pasar impor Indonesia terbesar diikuti oleh Jepang dengan nilai impor sebesar US$2,73 miliar atau 10,90 persen dari total pangsa ekspor, serta Thailand dengan total nilai mencapai US$1,63 miliar atau sebesar 6,51 persen.

Mendag Sebut Revisi Kebijakan Impor Rampung Pekan Ini, Simak Ketentuannya

"Dari Jepang itu motor, dan Thailand adalah raw sugar dan white rice," ujarnya menambahkan.

Sepanjang Januari hingga Februari 2018, tercatat neraca perdagangan Indonesia dengan China mengalami defisit mendalam mencapai US$3,2 miliar. Hal ini disebabkan kebutuhan barang Indonesia yang masih berasal dari China. Sedangkan defisit dari Thailand sebesar US$665 juta.

[Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024]

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

 Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024