Bakal Ada Pusat Ekonomi Baru di Merauke

Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono di Merauke.
Sumber :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

VIVA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal membangun ulang kawasan Pos Lintas Batas Negara RI di dengan Papua Nugini di Sota, Merauke. PLBN tersebut akan diubah tidak hanya menjadi pos perlintasan tapi juga kawasan ekonomi baru.

Airlangga Diundang Ikut Simulasi Makan Siang Gratis di Merauke

Menteri PUPR, Basuki Hadi Muljono saat mengunjungi PLBN itu mengatakan, nantinya akan ada beberapa fasilitas tambahan yang akan di bangun di Sota. Antara lain perumahan untuk masyarakat perbatasan, pasar modern hingga sistem pengelolaan air yang memadai.

"Kami akan coba perbaiki sedikit di Sota ini. Kami akan perbaiki fasilitasnya dan pemukiman di pebatasan," ujar Basuki di Merauke, Jumat 16 Maret 2018.

12 Kampung KB Dicanangkan oleh Kepala BKKBN di Daerah Otonomi Baru Provinsi Papua Selatan

Selain itu menurut Basuki pos perbatasan RI pun akan dibuat lebih modern. Desain pengembangan proyek ini pun ditargetkan selesai paling lambat tiga bulan mendatang, dan mulai dikerjakan Juni 2018.   

"Estimasi dana Rp150 miliar," ujarnya.

Momen Penonton Auto Nyanyi Dari Sabang Sampai Merauke Saat Lagu Kebangsaan Prancis Digaungkan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Adat di Sota Daud optimistis, dengan wajah baru PLBN ini, ekonomi di kawasan tersebut bisa berkembang. Kesejahteraan masyarakat setempat pun dapat  meningkat.

" Masyarakat nanti juga bisa jual apa disitu, mungkin hasil kebun," ujarnya.

Lebih lanjut dia pun mengapresiasi akan dibangunnya pemukiman bagi warga di daerah tersebut.  Sehingga kelestarian adat di mayarakat setempat pun bisa terjaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya