Menteri Basuki Bocorkan Kebiasan Menkeu Sri di Lokasi Proyek

Menteri Keuangan Sri Mulyani menendang bola bersama dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Ketua INASGOC, Erick Thohir, di Stadion Gelora Bung Karno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengungkapkan kebiasaan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati setiap kali berkunjung ke sebuah proyek. Bendahara negara itu disebut sering berdiri di bawah plang proyek. 

Tak Kena Pangkas Anggaran COVID-19, Begini Nasib KSPN Labuan Bajo

Hal itu diungkapkan Basuki di sela acara Sosialisasi Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Elektronik dan Perubahan Harta Wajib Pajak Orang Pribadi di kantor Kementerian PUPR hari ini, Selasa 20 Maret 2018.

"Setiap kali bu Menteri Keuangan mengunjungi proyek, selalu beliau berdiri di bawah plang proyek yang di situ selalu (ada tulisan) bahwa proyek ini dibiayai dari pajak Anda," ujar Basuki di Jakarta, Selasa 20 Maret 2018. 

Kembangkan Wisata Labuan Bajo, PUPR Buka Akses Jalan ke Tana Mori

Menurut Basuki, kebiasaan Sri itu adalah untuk menegaskan bahwa pajak yang masyarakat akan kembali kepada masyarakat itu sendiri. Perpajakan di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) juga menyumbang porsi yang cukup besar di mana mencapai 70 persen dari penerimaan APBN.

"Pajak sumber utama APBN, prioritasnya (alokasinya) ada di pembangunan infrastruktur, baik itu konektivitas, air, perumahan, energi, dan transportasi," tutur Basuki. 

Masya Allah, Cahaya Masjid Istiqlal Berkilau Sambut Tahun Baru Islam

Basuki mengatakan, anggaran infrastruktur setiap tahun pun terus menanjak naik sejak 2015 hingga 2017. Di mana, pada saat ini pun anggaran infrastruktur yang dialokasikan negara mencapai Rp370 triliun. 

"Kalau di PU (Kementerian PUPR) saja itu sekitar Rp106 triiun (anggaran infrastruktur). Sumber utamanya juga dari pajak," tutur dia. (asp)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Labuan Bajo, NTT.

Menteri Basuki Beri 3 Syarat Ini ke Anies Jika Ingin Sepeda Masuk Tol

Jalan tol hanya bisa digunakan untuk mobil beroda empat atau lebih.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2020