Tak Cuma BRI, JK Wanti-wanti Bank Lain Kena Skimming

Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mewanti-wanti pihak bank yang mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM-nya terancam menjadi sasaran kejahatan skimming. Perbuatan ini, tentunya bisa terjadi tidak hanya di Bank Rakyat Indonesia.

Polisi Tangkap Pria Paruh Baya Usai Bobol ATM di Rest Area Tol Jakarta-Merak

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah mengungkap pada pekan lalu bahwa setidaknya ada 64 bank yang pernah menjadi korban dari kejahatan yang dilakukan sindikat internasional itu.

"Ada 64 bank menurut polisi kan. Bukan hanya bank di Indonesia, tetapi di luar negeri juga," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 20 Maret 2018.

Cegah Terjadi Skimming, Personel Polresta Sleman Lakukan Patroli di Gerai-gerai ATM

Dari 64 bank itu, terdiri dari 13 bank dalam negeri, dan 51 bank di luar negeri. Salah satu bank itu adalah Mandiri yang nasabahnya di Surabaya, Jawa Timur, pada awal pekan ini dilaporkan juga kehilangan uangnya.

Ilustrasi transaksi di ATM

Tampang WN Estonia Pelaku Skimming Bank BUMN yang Diciduk Polisi

JK menyampaikan, kepolisian selanjutnya harus lebih dapat mengantisipasi kejahatan-kejahatan berbasis teknologi informasi yang saat ini sudah marak. Sementara itu, bank harus benar-benar meningkatkan proteksinya, karena uang para nasabah di sana pada dasarnya adalah tanggung jawab bank.

"Ada kelemahan di sistem yang harus diperbaiki," ujar JK.

Kejahatan skimming ramai diberitakan usai puluhan nasabah BRI di unit Ngadiluwih, Kediri, Jawa Timur, kehilangan saldo di rekeningnya antara Rp500 ribu hingga Rp10 juta pada pekan lalu. BRI telah mengganti kerugian para nasabahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya