Kereta Api Mewah Harga Ekonomi Beroperasi di Medan

PT KAI Divisi Regional I Sumut meluncurkan kereta kelas eksekutif Sribilah
Sumber :

VIVA – Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara mengoperasikan Kereta Api Sribilah, kelas premium dengan rute Medan-Rantauprapat. Pengoperasian kereta kelas premium dalam rangka melakukan perbaikan pelayanan masyarakat.

Summarecon Kerja Sama dengan KAI Kembangkan Fasilitas TOD di Bekasi

Kereta Api Sribilah ini dilengkapi fasilitas mewah seperti interior, kursi lebih nyaman, dan setiap gerbong tersedia tiga televisi serta full AC. Dengan ini, masyarakat selama perjalanan merasa nyaman dan aman menggunakan kereta api ini.

"Penumpang bisa nonton di depan, tengah, dan belakang. Ada AC yang bisa disetel. Toiletnya juga bagus, dan ada kereta makan, juga ada kereta difabel," kata Vice President PT KAI Divre 1 Sumut, Rusi Haryono kepada wartawan di Medan, Sabtu, 24 Maret 2018.

Gubernur Sumut Ungkap Hambatan Atasi Banjir di Kota Medan

Rusi menjelaskan, untuk menggunakan layanan kereta kelas premium ini, tidak perlu merogoh kantong lebih dalam. KAI memberikan tarif relatif murah serta bisa dijangkau dan dinikmati masyarakat di Medan maupun seluruh Sumatera Utara ini.

"Setelah diresmikan hari ini, kereta diberangkatkan pukul 10.26 WIB dari Medan, diperkirakan sampai Rantauprapat pukul 16.37 WIB. Dari sana pukul 17.00 WIB, sampai di sini pukul 22.30 WIB," ucap Rusi.

Edy Rahmayadi dan Bobby Nasution Kompak Atasi Banjir Medan

Rusi mengungkapkan, KA Sribilah kelas premium ini memiliki sembilan gerbong dengan rincian delapan gerbong penumpang dan satu kereta mesin pembangkit. Kereta ini juga memiliki kelebihan dibanding kelas bisnis maupun ekonomi yang beroperasi saat ini.

"Tidak berbeda jauh dengan yang ada di kereta api kelas eksekutif. Bisa disebut Sribilah premium ini kereta api rasa eksekutif, harga ekonomi," terangnya.

PT KAI Divisi Regional I Sumut meluncurkan kereta kelas eksekutif Sribilah

Untuk harga tiket, penumpang dikenakan biaya Rp100.000 per orang, lebih murah dari harga tiket KA Sribilah kelas bisnis, Rp135.000. Kehadiran Kereta Api Sribillah premium ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat rute Medan-Rantauprapat.

"Selama ini rute Medan-Rantauprapat menjadi salah satu transportasi yang paling diminati masyarakat Sumut. Ini juga persiapan kami menghadapi Ramadan dan Idul Fitri," ungkap Rusi.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Perkeretapian dan Pengembangan Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan mengungkapkan, dengan kehadiran Kereta Api Sribilah premium, sangat membantu transportasi masyarakat Sumut.

"Pemprov Sumut berharap masyarakat bisa semakin banyak menggunakan sarana transportasi kereta api. Ini mengacu kondisi beban jalan raya yang semakin berat akibat terus bertambahnya jumlah kendaraan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya