Caplok Uber, Grab Punya Senjata Baru Lawan Gojek

Transportasi online Uber dan Grab.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Perusahaan aplikasi angkutan berbagi Uber Technologies Inc secara resmi sepakat menjual bisnisnya di Asia Tenggara kepada Grab. Sebuah pernyataan resmi sudah dikeluarkan Uber saat ini. 

Viral Perkelahian Ojol di Medan, Grab: Bukan Gara-gara Berebut Baterai Motor Listrik

Dilansir dari Reuters, Senin 26 Maret 2018, dalam kesepakatan ini Uber akan mendapatkan 27,5 persen saham gabungan Grab dan Uber itu yang berbasis di Singapura. Sementara Chief Executive Officer Uber Dara Khosrowshahi akan bergabung di dalam dewan Grab. 

"Ini akan membantu kami menggandakan rencana untuk tumbuh. Karena kami berinvestasi dalam produk dan teknologi,” ujar Dara dalam keterangannya. 

Berebut Baterai Motor Listrik, 2 Ojol Terlibat Perkelahian di Pinggir Jalan

Kesepakatan itu adalah konsolidasi besar pertama perusahaan angkutan online berbagi di Asia Tenggara, tempat tinggal sekitar 640 juta orang yang menjadi pasar mereka. Penggabungan ini juga akan memberi persaingan bisnis yang keras Gojek Indonesia. 

Grab dan Uber didukung oleh Softbank Jepang sementara Gojek didukung oleh Google Alphabet Inc dan Tencent Holdings Ltd milik China. Sungguh akan persaingan bisnis yang ketat di kawasan. 

Selalu Dapat Bintang 5, Pengemudi Cantik Taksi Online Ini Raup Rp700 Ribu per Hari

Bagi Grab, kesepakatan untuk mencaplok Uber merupakan keuntungan yang besar khususnya untuk layanan pengiriman makanan Uber Eats. Grab jadi punya peluru lebih banyak untuk menyaingi Gojek dengan GoFood-nya.

"Ini benar-benar keputusan yang sangat independen oleh kedua perusahaan," kata Presiden Grab Ming Maa. 

Driver ojol Gojek dan Grab.

Rencana Merger dengan Gojek dan Grab Bakal Terealisasi? GOTO Buka Suara

Sejak tahun 2020 silam, telah tersiar kabar yang menyebut-nyebut bahwa Gojek dan Grab bakal melakukan merger. Manajemen GOTO kasih penjelasan.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024