Tips Jitu Kelola Tabungan Bersama Sebelum Nikah

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Mempersiapkan pernikahan tentu bukanlah hal yang sederhana. Entah itu mengadakan pesta pernikahan kecil-kecilan hanya dengan keluarga terdekat atau pesta secara besar-besaran di sebuah gedung. Tentu membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Memang masih ada beberapa pasangan yang pada saat memutuskan untuk menikah masih dibiayai orang tuanya. Namun, ternyata juga banyak pasangan kekasih memutuskan untuk memiliki tabungan bersama. 

Hubungan yang serius bisa terlihat ketika Anda dan pasangan menabung bersama. Namun, hal ini sebenarnya bisa menjadi masalah jika Anda tidak tahu cara mengelola tabungan tersebut. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Apalagi masalah uang merupakan hal yang sensitif jika dibicarakan. Sebab itu, sebelum Anda dan pasangan memutuskan untuk memiliki tabungan bersama, ada baiknya membaca beberapa tips dari Cemati.com berikut ini.

1. Tentukan awal target dana dan waktu menabung

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Sebelum memutuskan untuk membuka tabungan bersama, Anda dan pasangan harus tahu untuk kegiatan apa Anda menabung. Apakah kalian menabung murni hanya untuk biaya pesta pernikahan atau juga biaya lainnya, seperti cicilan rumah, mobil, atau motor? 

Nah, tentukanlah jauh-jauh hari tujuan sekaligus target dana untuk menabung. Tidak lupa juga memikirkan tentang waktu menabung apakah Anda atau pasangan ingin menabung setiap bulan dalam waktu bersamaan atau hanya beberapa bulan sekali. Semua itu tergantung keputusan bersama agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

2. Apabila rencana tidak sesuai ekspektasi

Jika rencana untuk menikah dengan pasangan ternyata tidak jadi sampai pelaminan, tentu akan membuat Anda bingung untuk mengembalikan dan membagi uang yang ada dalam rekening tabungan bersama tersebut. 

Untuk menghindari terjadinya kebingungan tersebut, cobalah untuk memberanikan diri untuk membicarakan hal ini kepada pasangan. Buatlah kesepakatan secara jelas dan terperinci. Memang tentu semua pasangan yang sudah merencanakan pernikahan tidak ingin adanya pembatalan pernikahan di masa depan. 

Namun, kita sebagai manusia sudah sebaiknya membuat rencana lain agar jika ada hambatan nantinya akan lebih mudah untuk diselesaikan. Selain membicarakan besaran target dan waktu pengumpulan dana, kalian juga harus berani membicarakannya apabila tidak jadi menikah. 

Akan dikemanakan uang yang ada dalam rekening bersama tersebut? Apakah akan dibagi dua sama rata atau ada kesepakatan lainnya? Meskipun tidak enak, hal seperti itu harus dibicarakan secara jelas dan terbuka sejak awal.

3. Saling percaya

Dalam sebuah hubungan, baik itu bisnis, politik, maupun percintaan, adanya keterbukaan dan kejujuran merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dan dilakukan. Apalagi membicarakan mengenai masalah uang, tentu hal ini sangat sensitif bagi Anda dan pasangan.

Sebab jika salah sedikit bisa menjadi pertengkaran yang besar. Karena itu, bersikaplah bijak ketika menyimpan tabungan bersama. Pilihlah salah satu, entah itu Anda atau pasangan, untuk dipercayakan dalam menyimpan kartu ATM tersebut di tempat yang aman sehingga tidak disalah gunakan. 

Lain halnya jika memang ada kebutuhan mendesak. Cobalah untuk terbuka dan jujur satu sama lain jika menggunakan uang dalam tabungan bersama tersebut. 

4. Konsisten

Cobalah untuk menjadi disiplin, baik Anda maupun pasangan. Mintalah bantuan kepada bank yang bersangkutan untuk melakukan transfer secara otomatis setiap bulan atau beberapa bulan sesuai dengan ketentuan. 

Tentukan berapa uang yang ingin disisihkan setiap bulannya. Jika bank tersebut tidak bisa membantu, Anda tentu harus disiplin dalam menyisihkan uang di rekening pribadi dan pasangan untuk dimasukkan ke rekening tabungan bersama.

5. Irit

Ketika kalian ingin berkencan yang sudah menjadi keputusan setiap minggunya. Cobalah untuk berunding dalam menentukan tempat dan biaya yang akan dihabiskan pada hari itu. Kalau bisa, dorong diri Anda dan pasangan untuk irit ketika berkencan, yaitu dengan melakukan hal-hal sederhana yang tak kalah mengasyikan. 

Misalnya, memasak di rumah atau menonton film. Ingatlah, dengan mengirit, tentu akan mempermudah proses kalian dalam menabung untuk mencapai target pernikahan.

Keuntungan membuka tabungan bersama

Dengan membuka tabungan bersama dengan pasangan untuk biaya pernikahan, tentu sekaligus akan membantu kalian untuk saling mengerti dan juga mengenal satu sama lain dalam hal cara dan kebiasaan mengelola  keuangan. 

Tentu hal ini akan berdampak sangat baik bagi kehidupan rumah tangga kalian setelah menikah. Sebab salah satu kunci penting dalam sebuah pernikahan adalah keberhasilan dalam pengelolaan keuangan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya