Senin Besok Sosialisasi Ganjil Genap Tol Tangerang Dimulai

Peraturan Ganjil/Genap Resmi Diberlakukan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) Kementerian Perhubungan memastikan pada Senin, 2 April 2018 pihaknya akan melakukan sosialisasi penerapan ganjil genap di Tol Tangerang menuju Jakarta. Upaya ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk siap-siap atas kebijakan tersebut.

Pasar Tomang Dibuka Lagi, Ganjil Genap Tak Diberlakukan

Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan pelaksanaan ganjil genap di Tol Tangerang akan serupa dengan kebijakan yang telah diterapkan di Tol Bekasi pada 12 Maret 2018 lalu. Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan fasilitas bus premium untuk mengajak masyarakat berpindah ke transportasi massal.

Adapun untuk pelaksanaan dari kebijakan ganjil genap di Tol Tangerang masih menunggu hasil dari survei yang sedang dilakukan. Kebijakan ganjil genap inipun dipastikan akan diterapkan sebelum bulan puasa tahun ini.

Salat Jumat 1 Gelombang, MUI Tangerang: Jika Penuh Gunakan Gedung Lain

"Untuk penerpan kami masih survei dahulu, kebijakannya hampir mirip seperti di Bekasi, Senin 2 April 2018 sosialisasi dimulai," Jelas Bambang kepada VIVA.

SISTEM GANJIL GENAP TOL JAKARTA CIKAMPEK

Ultimatum Pedagang, Anies: Ganjil Genap Atau Tidak Buka Sama Sekali

Ia mengungkapkan, selain penerapan ganjil genap di Tol Tangerang, pemerintah juga akan memberlakukan pembatasan kendaraan berat untuk melintas jalur tersebut pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB. 

Selain itu, sepanjang jalan tol dari Tangerang hingga Tomang, Jakarta nantinya akan diberlakukan pula jalan khusus untuk angkutan umum atau bus. Jalan khusus tersebut ada di jalur pertama yang berlaku pada pukul 06.00 WIB-09.00 WIB.

Seperti diketahui, pada 12 Maret 2018 penerapan ganjil genap dan pembatasan kendaraan berat telah diberlakukan dari pintu tol Bekasi Timur dan Barat. Langkah tersebut dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang luar biasa di ruas tol tersebut setiap pagi.

Atas kebijakan tersebut, ruas tol dari Bekasi hingga Cawang pada pagi hari kini mulai lancar sehingga waktu tempuh kendaraan dari Bekasi ke Jakarta menjadi lebih singkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya