Detik-detik Pendaratan Pesawat Pertama di Bandara Kertajati

Pesawat pertama yang mendarat di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.
Sumber :
  • Instagram @BIJB

VIVA – Setelah resmi diumumkan kepada dunia Internasional pada awal Maret 2018, Bandara Kertajati terus melakukan persiapan operasional. Kali ini, ujicoba terbang perdana dilakukan pihak Bandara Internasional Jawa Barat, atau BIJB.

Mulai 29 Oktober 2023, AirAsia Layani Rute Penerbangan Kertajati-Denpasar

Dikutip dari Instagram pengelolan Bandara Kertajati @BIJB, Selasa 3 April 2018, disebutkan pada 29 Maret 2018 lalu, telah dilakukan ujicoba pendaratan pertama di Bandara Kertajati yang menggunakan pesawat jenis Beechcraft King Air B350-i.

Dalam keterangannya, pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara Bandung pukul 08.55 WIB dan mendarat dengan mulus pada pukul 09.15 WIB di Runway Bandara Kertajati, Majalengka.

369 Jemaah Haji Akan Terbang Perdana dari Bandara Kertajati Malam Ini

Pesawat berwarna putih bercorak garis biru milik Kementerian Perhubungan tersebut terlihat mendarat dengan mulus di Bandara Internasional yang nantinya akan dioperasikan sebagai embarkasi haji Provinsi Jawa Barat.

Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jemaah

Ujicoba tersebut juga dilakukan dengan melakukan sejumlah kalibrasi di dua titik temu runway 14 dan 32 tersebut. Pesawat itu pun terlihat melakukan terbang rendah di sekitar bandara untuk memverifikasi alat bantu pendaratan.

Ketua Persiapan Pengoperasian Bandarudara PT Angkasa Pura II Ibut Astono mengatakan, secara kesiapan sisi udara Bandara Kertajati ini sudah cukup baik.

Dengan panjang runway 2.500 dan lebar 60 meter, instrumen perlengkapan standar pendaratan pesawat yakni Precision Approach Path Indicator (PAPI) sudah layak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya