BI Beri Sinyal Pertahankan Suku Bunga Acuan Bulan Ini

Dody Budi Waluyo (Tengah).
Sumber :
  • Dokumentasi BI.

VIVA – Bank Indonesia memberi sinyal untuk tetap menahan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 4,25 persen pada bulan ini. Kebijakan suku bunga acuan BI ditegaskan, akan merespons kondisi ekonomi terkini.  

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Hal ini disampaikan oleh Deputi Gubernur BI terpilih Dody Budi Waluyo, usai dikukuhkan oleh DPR siang ini, Selasa 3 April 2018. 

"Stance kita netral dengan melihat kondisi (ekonomi) saat ini. Tentunya (penyesuaian suku bunga) tergantung kondisi saat itu. Tetapi, kami melihat room untuk tetap itu (mempertahankan suku bunga) masih ada," ujar Dody di Gedung DPR RI.

The Fed Diproyeksi Pangkas Suku Bunga pada Semester II, Apa Dampaknya ke RI?

Dia menjelaskan, tingkat inflasi dan volatilitas nilai tukar rupiah hingga pengamatan Maret masih sesuai sasaran. Sehingga, penyesuaian tingkat suku bunga belum diperlukan.

"Sehingga, kita tidak merasa perlu untuk melakukan penyesuaian rate kita," jelas Dody.

Kebijakan BI Tahan Suku Bunga Topang Penguatan IHSG

"Pada saat hari kemarin, kita melihat, risiko itu semua telah terkalkulasi dan sudah masuk dalam perhitungan, tidak perlu ada penyesuaian," tambahnya. (asp)

ilustrasi suku bunga

Ekonom Prediksi BI Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen, Ini Faktornya

Bank Indonesia (BI) bakal mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Maret 2023 pada hari ini, Rabu, 20 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024