Tips Nego Gaji Ala CEO

Ilustrasi uang
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Melakukan negosiasi gaji, bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, hal ini merupakan langkah penting bagi semua karyawan untuk mencari promosi dan melanjutkan karier mereka. 

3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Dilansir dari CNBC, Selasa 10 April 2018, beberapa pihak menganggap gaji merupakan penyebab utama orang berpindah pekerjaan. Tapi hal ini, sebenarnya harus dilihat dalam sudut pandang holistik atau lebih luas lagi. 

CEO jaringan restoran ternama di China, Yum, Joe Wat mengatakan, sebenarnya ada yang lebih besar dibanding gaji dalam memilih pekerjaan yang akan digeluti. 

Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian, Waspadai Sikap Ini

"Saya melihat industri (untuk) apakah saya menyukainya, dan kemudian apakah ini adalah posisi di mana saya bisa mendapatkan pelatihan, paparan, bimbingan. (Saya melihat) apakah perusahaan ini adalah perusahaan yang baik dan kemudian, baru gaji,"kata Wat.

Soal negosiasi gaji, menurutnya, penting untuk melakukan penelitian terlebih dahulu di pasar tenaga kerja. Apakah dinilai yang Anda tawarkan realistis dan sesuai dengan pasar. 

7 Trik Mengelola Kecemasan dan Stres Saat Bekerja di Wabah Corona 

Setelah itu, lanjut Wat, penting juga untuk bertanya kepada diri sendiri apakah, kemampuan Anda sudah sepadan dengan gaji baru yang diajukan. Atau, mungkin sebenarnya bisa lebih dari itu. 

Meski demikian, dia mengingatkan, proses ini harus dilakukan secara hati-hati. Sebab, bisa memengaruhi kredibilitas Anda di kantor, apalagi jika kenaikan gaji yang Anda minta tidak rasional. 

"Intinya, bersikap tulus, jujur, dan terbukalah," tegasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya