Menjajal Delapan Peluang Bisnis Menguntungkan di Desa

ayam - ternak - peternakan
Sumber :
  • REUTERS/Rodolfo Buhrer

VIVA – Tingkat pertumbuhan bisnis di kota yang gila-gilaan menyebabkan tingkat persaingan yang gila-gilaan pula. Bahkan, banyak pebisnis yang ada di kota mulai mengeluh mengenai nasib dari bisnis yang dijalankan.

Industri Tekstil Berpeluang Raup Cuan di Pemilu 2024

Bisnis yang diharapkan mampu memberi keuntungan optimal malah mendatangkan kerugian yang sangat besar akibat tidak mampu bersaing dengan pebisnis lainnya.

Satu hal yang mungkin menarik untuk diperbincangkan adalah mengenai lokasi bisnis. Potensi bisnis yang bagus tidak melulu ada di kota, bahkan daerah pedesaan sekalipun memiliki potensi yang bagus dalam mengembangkan bisnis.

Peluang Bisnis Vape Menarik Para Anak Muda dan Milenial di Indonesia

Hanya jenis bisnisnya mungkin berbeda dengan di daerah perkotaan. Seperti yang dikutip dari Cermati.com, pada Rabu 11 April 2018, ada beberapa peluang bisnis yang terbukti menguntungkan di desa yang bisa dicoba.

1. Ternak ayam kampung

Bisnis Rumahan Sangat Menggiurkan, Ini Peluang dan Tantangannya

Ayam petelur atau ayam potong boleh dikatakan sangat menggiurkan karena memang ayam menjadi hidangan paling favorit. Namun, usaha ayam kampung juga tidak kalah menggiurkan mengingat jumlah ayam kampung yang masih terbatas.

Karena itu, permintaan konsumen terhadap ayam kampung belum sepenuhnya dapat terpenuhi. Keterbatasan pasokan ayam kampung bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Bila usaha ayam kampung digeluti mulai dari sekarang, hasilnya pun bisa dirasakan dua atau tiga bulan kemudian.

2. Ternak ikan

Daerah pedesaan cocok dijadikan sebagai wadah untuk budidaya ikan mengingat lingkungannya yang masih sangat alami. Dengan begitu, kolam yang menjadi tempat budidaya masih terjaga kebersihannya.

Modal yang dibutuhkan untuk berbisnis ternak ikan sangatlah terjangkau. Dengan modal Rp4 jutaan saja, Anda sudah bisa beternak beribu-ribu ekor ikan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bibit ikannya itu sendiri. Belilah bibit ikan yang bagus sehingga daging ikan yang hendak dijual berkualitas bagus.

3. Kuliner tradisional

Kuliner tradisional, semisal manisan jahe dan keripik emping, tidak boleh dianggap remeh. Jajanan seperti ini masih banyak dicari karena cita rasanya memang enak.

Peluang bisnis ini juga menggiurkan mengingat tingkat kesibukan masyarakat desa sehingga tidak sempat menyediakan aneka jajanan di rumah.

4. Menjual pulsa elektrik

Jumlah pengguna smartphone di daerah pedesaan kian semakin banyak berkat pemerataan pemasaran gadget. Kondisi ini menjadi salah satu peluang sangat potensial di mana Anda bisa membuka usaha penjualan pulsa elektrik.

Soalnya untuk menikmati fitur dasar, seperti SMS dan telepon, sebuah smartphone harus memiliki pulsa. Kalau pulsa tidak ada, fungsi smartphone pun menjadi kurang maksimal.

5. Menjual kartu perdana

Sembari menjual pulsa eletrik, Anda juga bisa menjual kartu perdana. Kuota internet dibutuhkan untuk mengakses informasi ke dunia luar. Internet juga dibutuhkan para pelaku bisnis di desa jika ingin melakukan ekspansi usaha di sektor penjualan online.

6. Bisnis sayur mayur

Lahan pertanian yang dimiliki masyarakat di desa tidak dapat menampung seluruh tanaman untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Inilah mengapa peluang bisnis sayur-mayur sangat cocok dilirik.

Hasil panen sayur-mayur di daerah pedesaan juga sangat bagus karena menggunakan pupuk alami. Selain dijual di desa, Anda juga bisa membawa hasil panen untuk dijual ke daerah perkotaan. Anda bisa menetapkan harga jual yang lebih tinggi di daerah perkotaan untuk mendapatkan keuntungan.

7. Jasa peminjaman sepeda

Meskipun sudah ada sepeda motor, sepeda masih menjadi salah satu alat transportasi favorit masyarakat di desa. Alasannya, sepeda tidak membutuhkan bahan bakar sehingga lebih irit saat digunakan bepergian kemanapun.

Tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa penyewaan sepeda di wilayah desa. Siapa yang tahu kalau ternyata bisnis sederhana ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar di kemudian hari.

8. Warung sarapan pagi

Masyarakat kota mungkin sering melewatkan momen sarapan pagi karena sudah terburu-buru berangkat kerja, tapi tidak masyarakat di desa. Sarapan menjadi salah satu momen wajib sebelum melaksanakan aktivitas.

Karena itu, peluang warung sarapan pagi di desa bisa menjadi ide bisnis yang brilian, mengingat budaya masyarakat desa yang tidak pernah lupa untuk sarapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya