Tiba di Palembang, Kereta LRT Jalani Uji Coba Ini

Gerbong LRT Sampai di Sumatera Selatan.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian Perhubungan

VIVA – Pelabuhan Boom Baru Sumatera Selatan, malam tadi kedatangan dua trainset LRT untuk operasional di lintas Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Jakabaring. Artinya, LRT tersebut siap diuji coba dalam waktu dekat. 

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Zulfikri mengungkapkan, LRT Sumatera Selatan, merupakan LRT pertama yang dibangun di Indonesia. LRT ini dibangun bertujuan untuk membantu pergerakan masyarakat di wilayah Sumatera Selatan dalam melaksanakan perjalanan.

"Dan mengintegrasikan penumpang dari Bandara dengan LRT, menuju ke lokasi tujuan, serta dalam rangka mendukung penyelenggaraan perhelatan besar Asian Games 2018 di Palembang," ujar Zulfikri dikutip dari keterangan resminya, Kamis 12 April 2018.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

LRT Palembang.

Gerbong LRT Palembang  

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

Sarana LRT Sumatera Selatan yang diproduksi oleh PT INKA (Persero) ini berangkat dari Madiun pada 6 April 2018 lalu. Diangkut dengan kapal laut, butuh waktu kurang lebih enam hari untuk tiba di Sumatera Selatan. Setibanya di Sumatera Selatan, dua trainset LRT ini masih harus melalui proses commissioning dan pengujian sebelum dapat dioperasikan. 

"Untuk pembangunan prasarana LRT Sumatera Selatan, saat ini telah mencapai progres sebesar 89 persen. Prasarana LRT ini, nantinya juga akan melalui serangkaian pengujian dan safety assessment dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian," tambahnya. 

Rencananya akan dilaksanakan soft launching di akhir Juni 2018. Pemerintah pun berharap, pengoperasian LRT Sumatera Selatan ini dapat menjadi pilihan masyarakat Sumatera Selatan, khususnya Palembang untuk mobilitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya