Pemerintah Anggarkan Rp70 Miliar buat Mudik Gratis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kementeriannya mengganggarkan Rp70 miliar untuk mudik gratis Lebaran 2018.

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

"Jadi kira-kira ada Rp60 miliar sampai Rp70 miliar yang dianggarkan untuk mudik gratis," ujarnya, usai rakor persiapan angkutan Lebaran di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat, 13 April 2018.

Anggaran itu terdiri dari mudik gratis darat dari Ditjen Perhubungan Darat sebesar Rp35 miliar, mudik gratis kereta api dari Ditjen KA sebesar Rp20 miliar, mudik gratis laut dari Ditjen Laut sebesar Rp10 miliar, serta akumulasi dari anggaran-anggaran program mudik gratis lain.

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

Menurut Budi, anggaran besar disiapkan karena pemerintah ingin menekan jumlah pemudik dengan kendaraan pribadi. Peristiwa kecelakaan yang diakibatkan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor hingga mobil 1.000 cc terbukti tinggi.

"Kami bersama Polri selalu menganjurkan kalau suatu perjalanan jauh, apalagi mudik dengan jumlah jarak yang tinggi, kami tidak menganjurkan menggunakan kendaraan-kendaraan kecil," ujar Budi.

Pemprov Kalteng Kolaborasi Berangkatkan Ratusan Pemudik Secara Gratis

Lebih lanjut, Budi menyampaikan, animo masyarakat terhadap program tahunan itu selalu tinggi. Saat ini, kuota untuk mudik gratis kereta api, ditambah pengangkutan sepeda motor, sudah habis 100 persen. 

Sementara, mudik gratis jalur darat lewat bus sudah habis 50 persen, dan mudik gratis jalur laut sudah habis 40 persen. "Kami buka pendaftarannya di banyak tempat. Di bawah (Gedung Kemenhub), dan tempat-tempat lain." (mus)

Mudik gratis sepeda motor.

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

PT Pelni (Persero) mengingatkan kepada para pemudik gratis gelombang kedua rute Semarang-Jakarta agar mendatangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sebelum pukul 14.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024