Begini Cara Jitu Dapat Tiket Kereta Tambahan Mudik Lebaran

Pemudik Kereta Api di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Memesan tiket kereta melalui sistem online saat momen mudik Lebaran bukanlah hal yang mudah. Jika Anda telat melakukan pemesanan, tiket pun bisa langsung ludes tak bersisa. 

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tiket Kereta Api Jarak Jauh, Begini Cara Dapatnya

Tantangan lainnya adalah beratnya website resmi PT Kereta Api Indonesia karena jutaan orang dalam waktu yang bersamaan melakukan pemesanan tiket. Meski tahun ini KAI memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses pemesanan tiket, tantangan ini bisa saja tetap terjadi. 

Dikutip dari keterangan resmi PT KAI, Jumat 13 April 2018, berikut beberapa tips yang mungkin dapat dicoba saat melakukan perburuan tiket KA tambahan Lebaran 2018 :

Tiket KA untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2024 Sudah Bisa Dibeli, Catat Tanggalnya

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket. 

2. Cari alternatif tanggal atau rute KA, karena KA tambahan Lebaran 2018 akan di-release bersamaan. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

KAI Obral Harga Tiket Kereta Api Mulai Rp 150.000, Catat Rute Tujuannya

3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen-Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal-Semarang. 

4. Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00-an.

Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal satu jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.

5. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah satu jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Sejumlah calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api mudik lebaran 2018

Ilustrasi pemesanan tiket KA mudik Lebaran 2018

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, sampai tanggal 13 April 2018, dari jumlah total tempat duduk KA reguler jarak jauh dan menengah (tidak termasuk KA lokal) sebanyak 2.257.904 kursi, 42,91 persennya telah terjual. Sehingga masih banyak tiket KA reguler yang masih tersedia dengan berbagi rute dan tanggal tertentu.

Karena itu menurutnya, masyarakat masih bisa melakukan pemesanan tiket kereta api reguler untuk mudik lebaran. Apalagi, tiket kereta tambahan baru mulai dijual pada Senin 16 April mendatang. 

“PT KAI akan melakukan posko Angkutan Lebaran 2018 selama 22 hari mulai tanggal 5 Juni sampai dengan 26 Juni 2018," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya