Menteri Airlangga Sebut Apple Bakal Investasi di Indonesia

Apple Visitor Center.
Sumber :
  • REUTERS/Elijah Nouvelage

VIVA – Era revolusi industri 4.0 bakal ditandai dengan pesatnya pertumbuhan inovasi teknologi baru. Kondisi itu diklaim dapat mendorong investasi baru masuk di Tanah Air.

Anies Ungkap Penyebab Investor Asing Enggan Masuk RI: Kita Punya Masalah, Jangan Ditutupi!

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan, hal itu dibuktikan dengan adanya niatan raksasa teknologi dari Amerika Serikat (AS), Apple Inc, yang diketahui bakal menambah investasinya Indonesia.

"Jadi, kalau revolusi industri pertama perusahaan itu adalah Ford, maka, revolusi industri keempat ini adalah perusahaan IT. Salah satu perusahaan IT yang akan investasi inovasi di Indonesia adalah Apple Computer," kata Airlangga di Jakarta, Senin 16 April 2018.

Ekonom: Pesta Demokrasi RI Dorong Konsumsi, Tapi Investasi Asing Menciut

Menurutnya, Apple akan mendorong inovasi di Tanah Air melalui penambahan pusat riset. Dalam waktu dekat, perusahaan itu bakal membangun tiga pusat riset di BSD, Tangerang. Meski begitu, dia tak merinci berapa jumlah investasi yang bakal digelontorkan Apple.

"Apple akan membangun di BSD, dia akan membangun tiga center lagi dan center ini adalah center ketiga sesudah Brasil serta Italia yang dimiliki Apple," katanya. 

ASEAN-BAC: Thailand Jadi Contoh yang Berhasil Memanfaatkan Potensi Investasi Asing di ASEAN

Pemerintah, lanjut Airlangga, mendorong itu agar Indonesia mampu menjadi 'the next digital hub'. Harapannya, revolusi industri 4.0 RI bisa berjalan dengan maksimal. 

"Dan dunia saat ini sudah melihat potensi Indonesia, ini harus dimanfaatkan" tuturnya.

Ilustrasi investasi bodong.

Hati-hati, Simak 9 Tips Paling Efektif Agar Tak Tertipu Investasi Bodong

Mengenali investasi yang sah dan yang palsu tidaklah terlalu sulit. Meskipun demikian, masih banyak korban investasi palsu yang terus muncul. Penyebanya kurang pemahaman.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024