Ganjil Genap di Tol, Menhub Budi Yakin Bikin Orang Naik Bus

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Penerapan ganjil dan genap di beberapa gerbang tol, baik Jagorawi dan tol Tangerang, sudah mulai diberlakukan hari ini, Senin 16 April 2018. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis dibatasinya volume kendaraan pribadi ini akan membuat masyarakat mencari alternatif lain. Transportasi publik pun akhirnya jadi pilihan. 

Ganjil Genap di Tol Tambun Mulai Hari ini

"Kalau saya lihat, saya nilai dari potensi Tangerang ini kemungkinan potensinya lebih bagus (pindah ke bus umum). Indikasinya apa? Indikasinya sebelum ada program itu, orang naik bus eksekutif itu banyak sekali memang," kata Budi Karya, di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 April 2018. 

Jika nantinya diberi jalur khusus untuk angkutan bus lanjut Budi, dia yakin akan ada peralihan dari kendaraan pribadi ke umum. 

Menguji Efektivitas Perluasan Ganjil Genap

"Jadi artinya kalau saya kasih jalur khusus di situ akan produktif, akan banyak. Dan kalau banyak itu, membuat orang pindah dari mobil ke bus," jelas Budi. 

Saat ini jelasnya, ada 17 bus yang telah disiapkan. Namun, masih dalam tahap sosialisasi hingga dua sampai tiga pekan ke depan sebelum diterapkan. Dalam setiap dua minggu, akan dilakukan evaluasi. Apakah jumlah armada bus itu ditambah atau malah dikurangi. 

Soal Ganjil Genap, Polda Metro: Setiap Kebijakan Pasti Ada Dampaknya

"Bisa tambah, bisa kurang. Tapi kecenderungannya tambah. Tambah armada," katanya. 

Diperkirakan sebelum puasa nanti, sudah akan diputuskan apakah ada tambahan armada bus sebagai imbas penerapan ganjil-genap, atau tidak. (ren)

Suasana lalu lintas jalan tol Jagorawi kawasan Cibubur, Jakarta

Daftar Jalan Tol yang Kena Ganjil Genap Nataru per 20 Desember 2021

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat kebijakan ganjil genap di jalan tol yang berlaku selama libur natal 2021 dan tahun baru 2022.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2021