Pakai Cara Ini Dijamin Dapat Modal Usaha dari Pemerintah

Pedagang tas memajang barang dagangannya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Kunci utama yang sangat krusial dalam perjalanan usaha adalah modal. Modal tidak hanya dibutuhkan saat hendak membuka usaha saja, tapi juga dibutuhkan saat sudah melakukan kegiatan produksi dan distribusi. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Melibatkan pihak perbankan untuk menyokong modal dalam mengembangkan usaha mungkin sudah biasa. Bagaimana jika melibatkan pihak Pemerintah? Mungkin lebih menarik lagi karena modal yang diberikan pasti lebih besar dibandingkan modal yang diberi pihak perbankan. 

Pengajuan permintaan modal kepada Pemerintah bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini seperti yang dikutip dari Cermati.com.

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

1. Memiliki jenis usaha yang jelas

Bantuan dari Pemerintah hanya akan diberikan bagi pelaku bisnis yang memiliki jenis usaha yang jelas. Artinya, usaha tersebut tidak baru didirikan, tetapi sudah berjalan sekurang-kurangnya selama enam bulan. 

Kiat CEO Ternama Bangkit dari Keterpurukan

Jangka waktu enam bulan tersebut berguna untuk menilai arus pertumbuhan bisnis dan jumlah modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis. Kejelasan usaha harusnya dilengkapi dengan surat izin, foto kegiatan usaha, dan bidang produksi yang terkait. Bila semuanya lengkap, lakukan langkah-langkah berikutnya.

2. Menyusun proposal usaha

Proses pencairan bantuan modal dari Pemerintah lebih mudah jika dilengkapi dengan proposal usaha. Rancanglah konsep bisnis apa yang akan diterapkan. Lalu tuangkan ke dalam proposal tersebut. 

Buat proposal semenarik mungkin agar pihak Pemerintah tertarik untuk terjun langsung dalam usaha yang dijalankan.

Proposal usaha harus berisi tentang informasi rinci mengenai seluk beluk usaha, termasuk visi dan misi dari usaha tersebut. Dengan informasi yang lengkap, Pemerintah pun merasa lebih yakin untuk meminjamkan modal untuk usaha Anda.

3. Mengunjungi website bantuan modal pemerintah

Informasi mengenai bantuan modal Pemerintah biasanya ditampilkan langsung di website resmi yang terhubung ke bagian Pemerintahan. Misalnya, milik dinas perdagangan dan perindustrian ataupun menteri perdagangan. 

Cari tahu di website resmi tersebut, lalu kunjungi sesering mungkin untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Kunjungi website resmi yang sah milik Pemerintah. 

Jangan mudah terkecoh dengan website-website aneh yang mengatasnamakan Pemerintah untuk mengajukan pinjaman modal. Sebab kebanyakan website ini palsu dan bermaksud untuk menipu para konsumen.

Wirausahawan muda di bidang sepatu.Ilustrasi wirausaha

4. Mengikuti pameran yang diadakan pemerintah

Pihak pemerintah rutin menyelenggarakan beberapa pameran yang ada kaitannya dengan kegiatan UKM atau bisnis yang lainnya. Pameran ini diselenggarakan setidaknya sekali dalam setahun oleh pejabat Pemerintah Daerah, misalnya Wali Kota, Bupati, dan para dewan. 

Kunjungi stan-stan yang ada di pameran untuk menanyakan informasi mengenai bantuan modal Pemerintah. Tanyakan syarat dan ketentuan masing-masing stan untuk mengetahui syarat yang dibutuhkan demi keberlangsungan pinjaman modal Pemerintah. 

Dapatkan informasi sedetail mungkin untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masa mendatang.

5. Melengkapi syarat yang diminta

Pengajuan modal dari Pemerintah mengharuskan Anda untuk melengkapi syarat-syarat yang diminta demi keberlangsungan dana pinjaman. Lengkapi semua syarat yang diminta, disertai dengan bukti-bukti usaha yang sudah berjalan. Adapun syarat yang dibutuhkan bisa diakses melalui website resmi Pemerintah atau melalui stan yang dibuka di suatu pameran. 

6. Mengumpulkan berkas
 
Setelah syarat yang diminta sudah lengkap, sekarang saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang diminta agar proses pencairan dana dari Pemerintah pun lebih cepat. Berkas bisa dikumpulkan ke Pemerintah Daerah atau ke lembaga yang masih berkaitan dengan Pemerintahan. 

Apabila berkas tersebut dikumpulkan secara online, unggahlah seluruh berkas dan kumpulkan ke website resmi. Pengumpulan berkas pengajuan modal pemerintah sebaiknya dilakukan melalui platform atau lembaga resmi pemerintahan saja. 

Apabila platform tersebut memungut biaya pendaftaran atau biaya lainnya, dapat dipastikan platform tersebut palsu. Sebab pada dasarnya, pemerintah tidak pernah memungut biaya apa pun dari pemilik bisnis UKM saat hendak mengajukan modal pinjaman pemerintah.

Jangan menunggu, silakan jemput bola

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk menjemput bola. Berkas yang sudah dikumpulkan sebaiknya di-follow up untuk mengetahui apakah pengajuan modal diterima atau tidak. 

Luangkan waktu Anda setidaknya 30 menit untuk mengecek segala sesuatu yang berkaitan dengan bantuan modal dari Pemerintah demi keberlangsungan bisnis di masa yang akan datang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya