Ini Jadinya Kalau Steve Jobs Hingga Bill Gates Lahir di RI

Arcandra Tahar .
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan dukungan inovasi di Indonesia masih minim. Hal ini jadi tugas penting bagi pemerintah ke depan agar dapat mendorong peningkatan inovasi di tanah air khususnya di sektor ESDM. 

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Arcandra pun membandingkan para tokoh pencipta inovasi teknologi di Amerika dengan Indonesia. Mulai dari Bill Gates, Steve Jobs hingga Mark Zuckerberg.

"Mereka adalah para drop out, mereka berasal dari negara yang sama," kata Arcandra di seminar Energy Policy : Disruption Approach To Improve Friendly Investment Climate, di The Dharmawangsa, Jakarta, Kamis 19 April 2018. 

Pendiri ChatGPT Sam Altman Masuk Daftar Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Terlempar

Ia pun mempertanyakan, jika tokoh-tokoh tersebut lahir di Indonesia, apakah produk-produk inovasi yang diciptakan mereka akan terealisasi. 

"Kalaulah Steve Jobs lahir di Karawang tercipta enggak Apple? Kalaulah Bill Gates lahir di Bogor tercipta enggak Microsoft?. kalau Mark Zuckerberg lahir di Menteng tercipta enggak Facebook?," katanya. 

4 Tips Sukses dari Bill Gates dan Daniel Lubetzky untuk Para Pejuang

Arcandra pun melontarkan pertanyaan kepada para hadirin, seberapa yakin jika mereka lahir di Indonesia akan menciptakan teknologi tersebut.

"Walaupun dia lahir di Indonesia dan mungkin itu tidak tercipta berarti ada yang salah dari apa yang ada di sekitar kita dan ini bahan renungan kita semua," ujarnya. 

Arcandra pun berharap Indonesia bisa belajar dengan situasi yang ada. Sehingga inovasi-inovasi yang ada di dunia juga bisa tercipta di Indonesia. 

"Nah mari kita belajar apa yang membedakan sehingga inovasi inovasi yang berubah di hadapan kita itu juga bisa lahir dari sini. itu sedikit concern saya terhadap apa yang terjadi setelah saya dua tahun (kembali) di sini," katanya.
  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya