BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 4,25 Persen

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA – Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada April 2018 memutuskan untuk kembali mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate atau suku bunga acuan BI tetap sebesar 4,25 persen. Sementara itu, suku bunga Deposit Facility juga tetap sebesar 3,5 persen dan Lending Facility tetap sebesar 5 persen.

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

“Keputusan itu berlaku efektif sejak 20 April 2018," papar Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo, dalam konferensi pers di kantor BI, Jakarta, Kamis 19 April 2018.

Ia menjelaskan, kebijakan tersebut masih konsisten dengan upaya menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan. Selain itu, turut mendukung pemulihan ekonomi domestik.

The Fed Diproyeksi Pangkas Suku Bunga pada Semester II, Apa Dampaknya ke RI?

"Bank Indonesia memandang bahwa pelonggaran kebijakan moneter yang ditempuh sebelumnya tetap memadai untuk terus mendorong momentum pemulihan ekonomi domestik," ujarnya.

Dody menambahkan, Bank Indonesia akan tetap fokus menjaga stabilitas perekonomian Indonesia saat ini. Hal tersebut menjadi landasan utama bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat dan berkesinambungan.

Kebijakan BI Tahan Suku Bunga Topang Penguatan IHSG

Meski begitu, dia mengakui, sejumlah risiko akan tetap perlu diwaspadai, baik yang bersumber dari eksternal seperti peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global, serta perang dagang Amerika Serikat dan China. Kemudian, konflik Timur-Tengah, dan kecenderungan penerapan inward-oriented trade policy di sejumlah negara, maupun dari dalam negeri terkait kenaikan inflasi. 

"Untuk itu, Bank Indonesia terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter, makro prudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga keseimbangan antara stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan dengan proses pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung, khususnya dengan memitigasi peningkatan risiko jangka pendek," tutur Dody.

ilustrasi suku bunga

Ekonom Prediksi BI Tahan Suku Bunga Acuan di 6 Persen, Ini Faktornya

Bank Indonesia (BI) bakal mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan Maret 2023 pada hari ini, Rabu, 20 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024