Mau Investasi dari Muda, 3 Pilihan Ini Layak Dicoba.

Ilustrasi investasi
Sumber :
  • www.pixabay.com/nattanan23

VIVA – Investasi adalah suatu kegiatan yang sudah harus dilakukan selagi muda. Tidak ada orang yang bisa menghalangi Anda untuk berinvestasi. Sebab investasi bisa dilakukan siapa saja tanpa mengenal kelas sosial dan tanpa mengenal siapa Anda.
 
Jangan ragu untuk melakukan investasi. Sebab hal tersebut sangat penting bagi keselamatan masa depan Anda. Investasi juga memberikan Anda keuntungan pada masa mendatang. 

Bingung Kelola Angpau Lebaran? Investasi Emas di Pegadaian Bisa Jadi Solusi Tepat

Sebab Anda bisa memiliki aset yang nantinya akan bernilai tinggi. Jangan mengabaikan hal ini dan mulailah melakukan investasi sejak dini. 

Banyak sekali orang yang bertanya tentang apa manfaat dan pentingnya investasi. Ketahuilah kalau investasi adalah suatu usaha dalam mengembangkan, memperbanyak, dan menambah aset, harta, kekayaan, atau tabungan untuk masa depan agar lebih terjamin. 

Raih Cuan Jangka Panjang, Ini Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas

Selain itu, ada banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan. Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah pilihan-pilihan investasi yang layak dicoba pertama kali selagi muda.

1. Logam mulia: untungnya naik perlahan, tapi pasti

Makin Lengkap! BRImo Hadirkan Fitur Investasi Emas

 Ilustrasi-Penambang emas.Emas mentah

Logam mulia atau emas merupakan suatu barang yang memiliki nilai tetap, dan barang ini sangat cocok untuk dijadikan investasi bagi pemula milenial di 2018. 

Mengapa emas memiliki nilai tetap? Pertama emas tidak akan terkikir atau termakan oleh waktu, lain dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan berganti model, bentuk serta kualitas. 

Selain itu emas sangat mudah sekali untuk diuangkan, emas bisa diuangkan dimana saja dan kapan saja, harga jual emas cukup stabil sehingga Anda minim sekali kemungkinannya mengalami kerugian.

2. Reksa dana: return-nya oke dan tidak ribet

Perhitungan reksadana.

Ilustrasi perhitungan reksa dana

Selanjutnya adalah reksa dana. Investasi ini sangat cocok digeluti selagi masih muda. Tidak hanya itu reksa dana juga mudah dilakukan. Sebab pengelolaan dana diserahkan kepada manajer investasi yang sudah andal di bidangnya.
 
Di samping itu, manajer investasi juga pastinya mengerti bagaimana jalannya sistem pasar modal dan pasar uang. Karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan dengan matang. Akankah menggunakan investasi jenis ini atau lebih memilih investasi pada poin pertama, yaitu emas.

3. Properti: jatuhkan pada pilihan yang tepat dijamin untung besar

Investasi properti.

Ilustrasi investasi properti

Tahukah Anda jika investasi yang paling menguntungkan adalah investasi properti. Properti termasuk salah satu jenis investasi favorit banyak kalangan. 

Bahkan, banyak sekali investor yang sukses berinvestasi di dunia properti. Pastikan jika Anda mengerti tentang seluk beluk properti. Sebab hal ini wajib sekali Anda kuasai dengan sempurna. 

Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Apa artinya jika harga murah, tapi kualitas tidak sesuai dengan harapan Anda. Mulailah berinvestasi dengan cara yang cerdas, jeli, dan jujur agar nantinya Anda tidak mudah dipermainkan orang lain dan mudah dipercaya banyak orang.
 
Investasi properti sendiri jenisnya beragam, seperti rumah, apartemen, ruko, dan lain sebagainya. Jika Anda hendak berinvestasi rumah, pastikan rumah tersebut memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan harganya. 

Pastikan juga Anda mendapatkan legalitas mengenai surat rumah atau sertifikat rumah. Kemudian surat pajak, surat izin bangunan, dan lain sebagainya. 

Jangan ragu untuk mengecek segala kelengkapan surat dari rumah yang hendak Anda beli. Anda juga harus bisa menelaah legalitas dari properti yang hendak Anda beli. Pastikan jika apartemen dan ruko berdiri di tanah yang legal atau berizin.

Selama investasi tetap waspadai penurunan

Jangan menganggap investasi akan selalu berjalan mulus dan untung terus. Ada kalanya Anda akan mengalami penurunan dan ada kalanya Anda mendapatkan profit yang luar biasa besarnya.
 
Pastikan jika Anda selalu update mengenai jenis investasi yang saat ini digeluti agar nantinya Anda bisa memahami bagaimana jalannya usaha investasi Anda dan seperti apa perkembangan pasar mengenali jenis investasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya