Lima Cara Atur Gaji UMR Biar Napas Tetap Lega

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA – Tak bisa dimungkiri bahwa masih banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara mengatur keuangan, khususnya mereka yang gajinya sebesar Upah Minimum Regional (UMR). 

Ketua DPR Dorong Kenaikan Upah Minimum 2022

Banyak dari mereka yang berpikir bahwa orang-orang yang memiliki gaji UMR tidak bisa menabung karena gaji mereka sudah habis untuk keperluan dan pemenuhan kebutuhan hidup. Padahal, jika ditelaah dan ditelusuri, orang yang memiliki gaji UMR juga bisa menabung asalkan mereka memastikan bahwa pengeluaran sudah efektif dan efisien.

Menjadi bijak dalam pengeluaran adalah sebuah keharusan yang wajib dilakukan jika ingin keuangan sehat. Terlebih lagi jika memiliki mimpi besar yang mengharuskan Anda harus memiliki banyak uang. Tentunya Anda harus belajar menabung dan menyisihkan uang bulanan untuk mencapai mimpi tersebut. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Dengan begitu, keuangan Anda pun akan relatif stabil. Dikutip dari Cermati.com, berikut adalah cara mengatur keuangan bagi Anda yang memiliki gaji UMR.

1. Cari tempat tinggal dekat tempat kerja yang murah

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Beberapa dari Anda mungkin ada yang tinggal bersama orang tua atau memilih untuk tinggal di kos-kosan. Jika Anda tinggal bersama orang tua, pastinya adalah sebuah keuntungan, karena tidak harus membayar uang kos-kosan ataupun kontrakan. 

Akan tetapi, bagi Anda yang memutuskan untuk tinggal sendiri di kos-kosan, carilah kos-kosan yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk tinggal di tempat yang fasilitasnya sekelas dengan hotel.

Cobalah telusuri daerah yang ingin Anda tempati. Di antara banyak kos-kosan, pasti ada yang murah. Contohnya yang harganya Rp500 ribu per bulan. Kos-kosan dengan harga demikian juga akan terbilang memuaskan bagi Anda berikut dengan fasilitas yang Anda butuhkan juga. 

Ilustrasi pekerja buruh.

Ilustrasi pekerja pabrik rokok

2. Hemat dalam biaya makan

Biaya makan adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk dikendalikan. Di satu sisi Anda ingin mengonsumsi makanan A. Namun, di sisi lain, Anda juga harus memerhatikan kondisi keuangan.
 
Tetaplah fokus pada tujuan awal Anda, yakni menabung. Makan di rumah makan Padang juga menyehatkan Anda. Terlebih lagi dengan harganya yang standar. Bagi Anda yang memiliki gaji UMR, jatah makan Anda per harinya adalah Rp50 ribu.

Usahakanlah untuk makan tiga kali sehari dengan bujet segitu. Jangan pernah mengumpulkan uang untuk makan makanan mahal, tapi dengan mengurangi kuantitas makan Anda. 

Kuantitas makan sangat penting bagi kesehatan Anda. Terlebih lagi sarapan dan makan malam. Jangan pernah Anda lewatkan sesi itu. 

3. Cermat dalam memilih transportasi

Biaya transportasi setiap orang menuju lokasi tempat kerjanya tentu berbeda-beda. Ada yang berangkat kerja dengan kendaraan milik sendiri dan ada yang memakai jasa transportasi umum untuk sampai ke lokasi kerja. 

Jika berangkat kerja menggunakan kendaraan milik pribadi, gunakanlah bahan bakar dengan harga yang terjangkau. Namun, tetap memerhatikan kebutuhan mesin kendaraan.
 
Nah, jika menggunakan transportasi umum, pilihlah angkutan yang harganya benar-benar murah. Atau jika menggunakan transportasi online, manfaatkan promo-promo yang tersedia. Adanya promo tentu saja membantu penghematan biaya transportasi.

4. Pastikan bujet tersedia untuk ditabung

Tidak dapat dimungkiri bahwa menabung adalah sesuatu yang penting. Anda direkomendasikan untuk menabung 10 persen gaji Anda. Nominal itu tentunya tidak akan memberatkan Anda karena bisa menyesuaikan dengan keperluan lainnya.

Selain itu, lakukanlah hal ini tepat pada awal bulan saat baru saja menerima gaji Anda. Hal ini dimaksudkan agar uang tersebut aman dari aktivitas belanja Anda. Setelah jumlah uang yang Anda tabung sudah setara dengan enam kali gaji, cobalah untuk berinvestasi agar keuntungan yang dihasilkan lebih besar.

5. Tabungan darurat

Meskipun sama-sama menyisihkan uang dengan cara menabung, tabungan darurat lebih terfokus untuk keperluan mendadak. Dengan tabungan darurat, Anda bisa lebih lega karena Anda sudah memilih cadangan tabungan. Terlebih kalau Anda jatuh sakit dan memerlukan biaya rumah sakit yang mahal.
 
Anda direkomendasikan untuk menabung dengan rutin yakni Rp100 ribu per bulannya. Anda disarankan untuk meletakkannya di tempat terpisah dengan menabung untuk keperluan umum. Ingat, jangan coba-coba mengambilnya untuk keperluan lain. 

Gaji UMR bukanlah penghambat pertumbuhan ekonomi
 
Berapa pun gaji yang Anda peroleh jika mampu mensyukurinya dan mengalokasikannya ke pos yang tepat, tentu tidak akan mendatangkan masalah. Sebaliknya, sebanyak apa pun penghasilan Anda, jika boros, utang akan berada di mana-mana. 

Karena itu, telatenlah dalam mengelola keuangan. Beli barang yang memang Anda perlukan, bukan yang sekadar Anda inginkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya