Sembilan Gardu Induk Suplai Listrik LRT Palembang

Tiket LRT Palembang diproyeksikan cuma Rp5.000
Sumber :
  • VIVA/Sadam Maulana

VIVA – Guna mengantisipasi tingginya pasokan listrik untuk operasional Light Rail Transit (LRT) Palembang, Sumatera Selatan, PT PLN telah menyiapkan sembilan gardu induk melalui 18 penyulang.

Strategi PLN Indonesia Power Pastikan Pasokan Listrik saat Mudik Lebaran Aman

Sembilan Gardu Induk ini berfungsi sebagai supply listrik di 13 stasiun LRT dengan total daya listrik sebesar 36 juta VA dan daya setiap stasiun berkapasitas 197 ribu VA.

General Manager PT PLN Wilayah S2JB Daryono menjelaskan, system supply setiap Gardu Induk mempunyai fungsi memperkuat listrik LRT. Seperti Stasiun Bandara SMB II yang mendapat supply dari Gardu Induk Kenten dan Talang Kelapa.

Kontroversial, Pembangunan PLTA Terbesar di China Jadi Sorotan

"Gardu Induk Kenten dan Talang Kelapa akan men-supply listrik untuk Stasiun SMB II. Selain itu Gardu Induk Kenten juga memasok listrik untuk Stasiun Asrama Haji," jelas Daryono, Selasa, 24 April 2018.

Sementara beberapa Gardu Induk lain, seperti Talang Ratu, disiapkan untuk memperkuat di stasiun Telkom, Stasion RSUD Sumsel dan Stasiun Polda, di samping mendapat daya dari Gardu Induk Seduduk Putih. 

Oversupply! Operasional Pembangkit Listrik Baru di Jawa-Bali Ditunda hingga 3 Tahun

Untuk Stasiun di Palembang Icon nanti akan di-supply dari Gardu Induk Talang Ratu dan Seduduk Putih. Stasiun Dishub dan Pasar Cinde mendapat listrik dari Gardu Induk Boom Baru.

"Sementara Untuk Gardu Induk Siguntang juga men-supply stasiun Pasar Cinde dan Stasiun Pasar 16 Ilir. Stasiun Polresta dan Depo dialiri listrik dari Gardu Induk Bungaran," terang Daryono.

Dia mengatakan, keberadaan Gardu Induk yang ada di Jakabaring telah dipersiapkan PT PLN khusus untuk memperkuat pasokan listrik di Statiun Jakabaring, OPI Mall dan di Depo.

"Sampai saat ini progres untuk persiapan LRT sudah mencapai 95 persen, PLN telah melakukan pekerjaan Saluran Kabel Tegangan Menengah, Kubikel, Automatic Transfer Switch, Scada System dan FO," kata Daryono menjelaskan.

Menurut Daryono, pekerjaan yang belum selesai antara lain di Stasiun SMB II, Stasiun RSUD dan Stasiun Polda. Hal ini dikarenakan kabel tray di lokasi ruangan gardu PLN belum terpasang. 

"Pekerjaan pembangunan LRT masih dalam pengerjaan pihak pelaksana, sehingga dapat membahayakan keselamatan ketenagalistrikan. Ditargetkan pada pertengahan Mei 2018 semua pekerjaan listrik untuk LRT rampung 100 perang," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya