Mentan: Harga Pangan Stabil dan Aman Sampai Lebaran

Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengaku stok pangan saat ini sangat aman. Itu dilaporkannya, setelah dipanggil oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 27 April 2018.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Amran juga melaporkan, produksi pangan strategis juga aman. Maka dengan stok yang aman itu, ia menjamin bahwa harga dipastikan menjadi stabil.

"Sekarang kan ayam sudah ekspor, telur sudah ekspor, bawang merah sudah ekspor, jagung sudah ekspor, minyak kelapa sudah ekspor, ini tidak ada alasan harga ini bergejolak, itu kata kuncinya. Kalau sudah ekspor, suplai sudah cukup, berarti tidak adalah untuk bergejolak," jelas Amran.

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

ilustrasi pedagang pasar di Jakarta.

Presiden Jokowi, kata Amran, sudah memerintahkan agar mengantisipasi kemungkinan gejolak harga. Agar, harga tetap stabil seperti pada 2017 lalu.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Sejumlah kebutuhan seperti daging, menurut Amran harganya juga stabil. "Sekarang, tadi kita pantau relatif stabil, bahkan turun," lanjut Amran.

Untuk stok puasa dan Lebaran 2018 ini, menurutnya juga lebih stabil. Karena, suplai tercukupi. Namun, ada beberapa daerah, yang memang perlu diwaspadai. Sehingga, nantinya operasi pasar akan dilakukan lebih intensif di daerah-daerah tersebut.

"Seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Medan, Lampung, Sumatera Selatan, ini harus kita jaga, ada delapan provinsi yang harus kita jaga, tapi khususnya Jakarta menjadi barometer," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya