Mengintip Indahnya Kubah Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang.
Sumber :
  • Instagram @kemenpupr

VIVA – Direktorat Jenderal Cipta Karya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2017 lalu telah melakukan penataan bangunan dan lingkungan di Provinsi Sumatera Barat khususnya di Masjid Raya Sumatera Barat.

Ustaz Albizar Mendadak Dipecat dari Imam Masjid Raya Sumatera Barat

Dikutip dari Instagram @Kemenpupr, pada Senin 30 April 2018, penataan Masjid Raya Sumatera Barat tersebut menelan dana hingga Rp30 miliar. Bangunan ini menjadi kebanggaan baru "Urang Minang".

Land Mark baru Provinsi Sumatera Barat tersebut, sebelumnya telah menelan dana penataan bangunan sebesar Rp10,1 miliar pada 2016. Lalu, penataan berikutnya dilakukan untuk benahi taman, lapangan parkir dan landscape masjid.

6 Masjid di Indonesia dengan Desain Mewah dan Megah
Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

Perlu diketahui, Masjid Raya Sumatera Barat ini dibangun di Kota Padang, dengan menggunakan arsitektur khas minang. Pada setiap bangunannya di desain tahan dari gempa.

Dari bentuknya, masjid ini tidak menggunakan kubah layaknya masjid yang berada di Tanah Air. Bahkan, atap dari masjid ini dibangun dengan model rumah gadang sehingga muncul kekhasan dari daerah tersebut.

Masjid Raya Sumatera Barat, memiliki tiga lantai di mana pada lantai kedua dipakai untuk melakukan aktivitas salat, sementara pada lantai ketiga untuk kegiatan kesiapan bila ada bencana.

Kementerian PUPR menata masjid tersebut guna menyiapkan Kota Padang sebagai tempat event keagamaan tingkat nasional maupun Internasional. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya