JP Morgan Kembali Bisa Jualan Surat Utang RI

JP Morgan Chase Profit
Sumber :
  • Getty Images

VIVA – Kementerian Keuangan kembali menunjuk JP Morgan Chase Bank sebagai dealer utama surat utang negara (SUN) RI. Setelah sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani memutus kontrak kerja sama dengan perusahaan tersebut. 

Pemanfaatan Aset Negara Buat Bangun IKN Jadi Fokus Kerja DJKN 2022

Keputusan itu tercantum dalam Surat Penunjukan Nomor S-45/MK.8/2018 tertanggal 17 April 2018 yang diteken oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman yang mewakili Sri Mulyani.

"Penunjukan JP Morgan Chese Bank N.A. Sebagai Dealer Utama Tersebut mulai berlaku efektif sejak 2 Mei 2018," dikutip dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan, Selasa 1 Mei 2018. 

Mau Beli ORI021 Bunga 4,9 Persen, Ini 28 Mitra Distribusinya

Dalam aturan itu juga telah ditetapkan 19 institusi lainnya yang menjadi dealer utama di Indonesia. Dengan rincian 16 Bank dan empat perusahaan Sekuritas. 

Yaitu, Citibank, Deutsche Bank, HSBC, Bank ANZ Indonesia, Bank Central Asia (BCA), Bank Danamon Indonesia, Maybank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, dan Bank OCBC NISP. 

Polisi Tangkap Pegawai DJKN Pemalsu Surat Lahan BLBI 

Kemudian, Bank Panin, Bank rakyat Indonesia, Bank Permata, Bank CIMB Niaga dan Standard Chartered Bank. Sementara itu empat sekuritas yang dipilih adalah, Bahana Sekuritas, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan Trimegah sekuritas Indonesia.

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Kemenkeu Catat Aset Tanah PTNBH Senilai Rp161,30 Triliun

Untuk nilai BMN berupa tanah di 12 PTNBH. Jenis aset PTNBH terbagi menjadi dua yang salah satunya tanah.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2022