Alasan Kenapa Harus Beli Rumah Dulu Sebelum Mobil

Ilustrasi investasi rumah yang tepat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Bagi orang yang sudah bekerja, rumah dan mobil jadi dua jenis aset yang wajib dimiliki. Namun, kedua aset ini memiliki harga yang fantastis, bahkan ada yang mencapai miliaran rupiah. 

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Saat kondisi keuangan belum cukup untuk membeli keduanya, Anda terpaksa harus memilih salah satu yang terbaik di antara kedua jenis aset tersebut. Sebagian orang mungkin lebih pro untuk beli rumah terlebih dahulu. Sebagian lagi lebih memilih beli mobil. 

Namun, rata-rata pakar keuangan lebih menganjurkan untuk beli rumah dulu, baru beli mobil. Kenapa? Dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa hal yang patut dipertimbangkan.

Viral Warga Desa di Muara Jambi Jadi Orang Kaya Baru, Pamer Mobil Mewah Depan Rumah

Ilustrasi beli rumah.

Ilustrasi beli rumah

Cara Ampuh Agar Lising Setuju saat Mengajukan Kredit Mobil Baru

1. Beli rumah sama dengan investasi

Rumah merupakan salah satu aset yang bagus diinvestasikan. Sebab, harga rumah semakin mahal, bukannya semakin murah. Bandingkan dengan mobil, harganya semakin lama semakin turun bahkan tidak ada harganya kalau sudah berpuluh-puluh tahun dipakai.

Rumah yang dilengkapi dengan asuransi juga lebih layak diinvestasikan. Soalnya sudah ada lembaga khusus yang ikut bertanggung jawab ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada rumah tersebut. 

Bila saat rumah sudah berganti kepemilikan, rumah tersebut tetap menjadi menjadi tanggung jawab dari pemilik lama dan pihak asuransi. Sehingga pemilik baru tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya perbaikan apabila terjadi kerusakan.

2. Rumah termasuk kebutuhan primer

Bagi yang sudah menikah, rumah merupakan salah satu kebutuhan primer. Sepelik apa pun kondisi keuangan, Anda wajib memiliki rumah. Sebab, rumah adalah tempat tinggal sekaligus tempat peristirahatan bagi seluruh anggota keluarga. 

Bayangkan kalau Anda masih menumpang di tempat orang tua atau mertua, harga diri pun langsung turun drastis. Lagipula, tinggal di rumah sendiri pasti lebih nyaman karena Anda bisa melakukan apa pun sesuka hati tanpa diselimuti rasa sungkan. 

Sedangkan mobil hanyalah sebuah kendaraan yang berfungsi untuk mengantarkan Anda ke lokasi tujuan saat hendak beraktivitas. Kalaupun tidak punya mobil, setidaknya Anda bisa menggunakan transportasi umum atau ojek online untuk berangkat ke tempat kerja. 

3. Rumah bisa diwariskan

Inilah yang jadi salah satu keunggulan rumah, di mana rumah bisa diwariskan sampai tujuh turunan. Bangunannya mungkin akan sedikit usang. Tapi dengan sedikit renovasi, maka rumah pun bisa kembali seperti semula atau bahkan lebih bagus. 

Rumah yang jadi bagian dari harta warisan juga mempunyai nilai jual yang tinggi. Apalagi kalau rumah tersebut memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh rumah lain.

Mobil juga sebenarnya bisa diwariskan. Tapi, mewariskan sebuah mobil itu rasanya sangat janggal. Apalagi karena umur ekonomis mobil yang semakin tahun semakin berkurang. Begitu juga dengan harga dan perawatan yang dibutuhkan.

Ilustrasi membeli mobil.

Ilustrasi beli mobil

4. Rumah lebih tahan lama

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, rumah memiliki umur ekonomis yang lebih lama dibandingkan mobil. Sampai empat keturunan sekalipun, rumah tetap memiliki fungsi yang sama. Bentuknya saja yang mungkin akan sedikit berbeda karena umur bangunan yang sudah tua. 

Tapi dengan renovasi, rumah pun bisa ditempati kembali oleh anggota keluarga. Kondisi sebaliknya terjadi pada mobil. Di mana mobil tidak bisa diwariskan sampai empat turunan karena kualifikasi untuk mesin mobil sendiri akan berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu. 

5. Jangka waktu cicilan rumah lebih lama

Harga rumah memang lebih mahal kalau dibandingkan dengan harga mobil. Tapi, Anda bisa memilih tenor cicilan yang lebih lama untuk melunasi rumah yang sudah dibeli. Tenor cicilan maksimum yang ditawarkan oleh developer adalah 20 tahun. 

Dengan tenor yang semakin lama, jumlah cicilan yang dibayarkan pun jauh lebih rendah. Sehingga Anda bisa membayar cicilan dengan lancar meskipun gaji pas-pasan.

Rumah tetap jadi prioritas!

Rumah dan mobil memang sama-sama penting. Tapi, kalau ditinjau dari segi kegunaan, maka rumah jauh lebih berguna kalau dibandingkan dengan mobil. Lima alasan di atas juga menandakan kalau rumah masih tetap jadi prioritas utama bagi setiap orang. 

Jika tadinya Anda bingung untuk memilih antara rumah atau mobil, semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk memutuskan mana yang sebaiknya harus diutamakan dan mana yang dikesampingkan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya