Korsel Incar Proyek LRT di Bandung

Light Rail Transit (LRT). Foto ilustrasi.
Sumber :
  • www.srtet.co.th

VIVA – Pemerintah Korea Selatan melalui Tim Korean South Province (KSP) Dessemination menawarkan program kerja sama pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kota Bandung, Jawa Barat.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Hal tersebut dipaparkan dalam kunjungan delegasi Korea Exim Bank dan Tim KSP Dessemination di Balai Kota Bandung, Jawa Barat. Senior Advisor Tim KSP Korea Selatan, Kim Sung Ji menjelaskan, tawaran kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas daya saing pembangunan Kota Bandung di bidang transportasi.

"Dengan kerja sama dan ditambah kerja keras, maka pembangunan transportasi akan jauh lebih baik. Transportasi merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang penting untuk daya saing kota," ujar Kim, Selasa 8 Mei 2018.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

Tidak hanya itu, lanjut Kim, perubahan transportasi memberikan dampak signifikan dalam pertumbuhan ekonomi. Terlebih, di perkotaan yang membutuhkan moda transportasi yang memadai sesuai kebutuhan dengan biaya hemat.

"Dengan begitu transportasi lebih nyaman dan perekonomian pun berjalan lancar. Maka dari itu, proyek jangka pendek rencananya akan menerapkan sistem transportasi LRT," katanya.

Terjaring Razia Yustisi di Kamar Hotel, Begini Pembelaan Aceng Fikri

Sementara itu, Pjs Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin mengatakan, akan mempertimbangkan tawaran tersebut. Pemkot Bandung akan meminta Dinas Perhubungan untuk melakukan studi.

"Studi ini baik dari Korea Selatan ke Kota Bandung bisa belajar bersama. Jadi, bukan hanya pihak Korea Selatan saja yang buat perencanaan, tetapi Pemkot Bandung juga sama-sama melaksanakan," katanya. 

Bahkan, lanjut Solihin, Pemkot Bandung harus merencanakan moda transportasi yang terintegrasi untuk jalur Bandung Raya. 

"Ini harus terintegrasi. Saya minta transportasi antara Kota Bandung, Bandung Barat, Kabupaten Bandung serta area lainnya digerakkan demi daerah yang tertib dan lebih baik," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya