Tiga Bus Tingkat Fasilitas 'Pesawat' Disiapkan untuk Mudik

Bus tingkat wisata malam resmi beroperasi di Jakarta, Jumat, 20 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA – Kementerian Perhubungan menyediakan tiga bus double decker atau bus tingkat dalam pelaksanaan mudik gratis 2018. Bus dengan fasilitas ekslusif itu akan dinikmati oleh pemudik yang beruntung.

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, peserta mudik gratis yang beruntung akan mendapatkan fasilitas itu. Sebab, tidak dipilih khusus melainkan secara acak.

"Tiga bus tingkat yang kalau rekan-rekan yang sudah melihat, kalau masuk ke dalam itu udah kayak di pesawat saja. Sangat bagus sekali," kata Budi di Jakarta pada Selasa 15 Mei 2018.

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

Dia mengatakan, tambahan bus spesial ini dengan maksud memberikan pesan dan kesan bahwa pemerintah juga memperhatikan kebutuhan masyarakat. Tiga bus tingkat itu di antaranya disediakan sebanyak dua unit dari PO Lorena dan satu dari PO Sinar Jaya.

"Jadi, ini mudah-mudahan ini reward dari pemerintah dan reward dari operator yang mungkin diharapkan ada respons positif dari masyarakat," katanya.

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

Dia menjabarkan, rute untuk dua bus akan menuju ke Solo, dan satu lagi ke Pemalang. "Yang kebagian untuk mendapatkan bus itu bersyukur bisa merasakan bis tingkat. Menurut saya, sangat bagus sekali pelayanannya," ujarnya.

Pada tahun ini, Kemenhub menyediakan sebanyak 1.135 unit bus mudik gratis yang menuju ke 32 kota di Indonesia. Bus ini diharapkan, menjadi alternatif bagi pemudik sepeda motor.

Meski kuota peserta bus mudik gratis Kemenhub sudah penuh, masih tersedia kuota mudik gratis menggunakan kapal Roro bagi pemudik yang ingin membawa sepeda motornya ke kampung halaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya