Menhub Segera Buat Kereta Bandara di Semarang

Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta).
Sumber :
  • ANTARA Foto/Muhammad Iqbal

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan memperbanyak pembangunan kereta bandara di Indonesia. Setelah di Bandara Soekarno Hatta, Menhub merencanakan membangun kereta bandara di Semarang, Jawa Tengah.

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

"Kereta bandara juga nanti di Semarang, akan dihubungkan dengan stasiun kereta api di Semarang," ujar Budi Karya  usai acara Dialog Nasional Indonesia Maju di Kota Semarang, Rabu, 16 Mei 2018.

Meski tak menyebut kapan akan pembangunan itu, namun dia menargetkan usai bandara baru Internasional Ahmad Yani selesai. Rencananya, bandara terbesar di Jawa Tengah itu akan dioperasikan tahun ini juga, termasuk saat momentum mudik Lebaran.

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

Selain Semarang, kereta bandara yang sama seperti di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang juga akan dibangun di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Kereta Khusus Bandara Dipakai buat Penumpang Solo-Yogya

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

Tak hanya itu, moda transportasi kereta dari Jakarta menuju Semarang juga akan menggunakan kereta semi cepat. Dengan kereta semi cepat, perjalanan Jakarta-Semarang hanya akan memakan waktu 3,5 jam dari semula enam jam perjalanan.

"Kecepatan sekitar 160 km/jam. Kira-kira Jakarta Semarang itu 3,5 jam," ujarnya.

Menurut Budi Karya, kereta semi cepat ini akan semakin memudahkan masyarakat di Ibu Kota Jakarta menuju ke Ibu Kota Jawa Tengah, yakni Semarang.

"Saat ini kami sedang finalisasi kereta semi cepat Jakarta-Surabaya, tapi utamakan Jakarta-Semarang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya