Menhub Jajal LRT Bareng Wartawan, Begini Reaksinya

Menteri Perhubungan Budi Karya saat ujicoba LRT di Palembang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sadam Maulana

VIVA – Uji dinamis Light Rail Transit atau LRT Palembang telah dilakukan beberapa hari lalu. Namun kali ini, uji dinamis kembali dilakukan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama para wartawan.

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Dalam uji coba hari ini, Minggu, 27 Mei 2018, Menteri Perhubungan menaiki Stasiun LRT di zona V Jakabaring Sport City menuju Stasiun OPI Mall. Perjalanan uji dinamis LRT berlangsung sekitar 15 menit dengan kecepatan sedang.

Usai melakukan uji dinamis, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku bangga dengan keberadaan LRT pertama di Indonesia yang sudah mendekati rampung. Apalagi, pengerjaan LRT ini murni karya anak bangsa.

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

"LRT ini hasil kerja anak bangsa. Kontraktornya PT Waskita Karya dan yang membangun tenaga kerja lokal. Untuk keretanya merupakan buatan PT INKA. Artinya kerja keras kita selama ini sudah membuahkan hasil," ujar Budi.

Tiket LRT Palembang diproyeksikan cuma Rp5.000

Kemenhub Perkenalkan Buy The Service yang Dicoba untuk LRT Palembang

Hingga saat ini baru dua trainset yang tiba di Palembang. Sementara jumlah total trainset LRT mencapai delapan unit.

Menurut Budi, sisa enam unit trainset yang belum tiba segera di kirim dalam waktu dekat. Setidaknya membutuhkan waktu satu bulan ke depan untuk mendatangkan trainset lainnya dari Jawa Timur.

"Setelah semuanya tiba selanjutnya akan dilakukan uji lintasan," ujar Budi.

Mengenai operasional, Kementerian Perhubungan akan melibatkan semua pihak terkait, mulai dari Dirjen Kereta Api, Direksi PT Kereta Api, serta Kontraktor Utama PT Waskita dan PT INKA.

Bagaimana ke depannya nanti, transportasi massal LRT ini dapat berkolaborasi dengan angkutan lain yang ada di Kota Palembang. Seperti dengan angkutan LRT kemudian juga dengan rencana angkutan bus air yang melintas di Sungai Musi.  

"Artinya konsep transportasi antar moda itu harus berjalan dengan baik. Ini akan kita bahas sehingga kolaborasi antar transportasi, antarmoda itu dengan angkutan yang lain berjalan dengan baik," terang Budi Karya.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri menambahkan, sebelumnya LRT ini telah dilakukan uji statis oleh PT INKA. Selanjutnya di sini dilakukan uji dinamis untuk memastikan kelayakan track dengan trainset LRT. 

"Kita lakukan uji dinamis untuk memastikan kelayakan track dengan keretanya. Begitu juga dengan sarana prasarananya," jelas Zulfikri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya