Pahami Dulu Hal Ini Agar Tak Rugi Buka Restoran

Ilustrasi restoran/kafe.
Sumber :
  • Pexels/Life Of Pix

VIVA – Memulai bisnis yang baru kerap menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika skala bisnis ini terbilang cukup besar. 

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Di dalam praktiknya, kebanyakan orang akan memikirkan banyak kesulitan terlebih dahulu sebelum memulai sebuah bisnis, sehingga keinginan untuk menjalankan bisnis ini justru hanya jalan di tempat saja dan menjadi rencana semata. 

Sementara pada kenyataannya, semua bisnis tentu bisa direncanakan dengan baik sejak awal, selama memiliki perhitungan yang tepat. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis, bahkan bisnis restoran sekali pun. Lalu, berapa sebenarnya kisaran modal yang akan dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis restoran?

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Bagi yang ingin memulai bisnis restoran, Anda tentu memiliki pertanyaan dasar mengenai besaran modal awal ini. Hal ini sangat wajar, sebab bagaimana pun juga, hampir semua bisnis tentu akan membutuhkan sejumlah modal awal. 

Besar atau tidaknya modal ini tentu sangat tergantung pada apa, di mana dan juga bagaimana kelak Anda akan menjalankan restoran yang akan Anda dirikan nanti. Membangun sebuah restoran yang berada di kawasan pinggiran kota tentu akan membutuhkan biaya yang mungkin lebih kecil, jika dibandingkan dengan sebuah restoran yang berada di pusat kota. 

Dua Pemuda Indonesia Buka Restoran 'Saji' di Kopenhagen

Hal-hal seperti ini tentu menjadi pertimbangan khusus, sebab secara langsung akan memengaruhi besaran biaya yang akan Anda butuhkan untuk membangun restoran ini. Berikut ini adalah gambaran mengenai besaran biaya yang akan Anda butuhkan dalam membangun bisnis restoran seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lokasi

Di mana akan mendirikan restoran Anda, di pinggiran kota atau di tepi pantai yang indah dengan pemandangan sunset yang menawan? Letak restoran yang akan Anda bangun ini akan sangat memengaruhi biaya yang dibutuhkan, termasuk jenis bangunan yang akan dijadikan sebagai tempatnya. 

Anda tentu bisa membangun restoran yang sesuai dengan gaya Anda sendiri, jika memiliki dana besar dan bisa membeli sebidang lahan atau bahkan sebuah bangunan yang siap direnovasi.  Namun, jika ternyata hanya memiliki bujet yang minim untuk kebutuhan dasar ini, maka Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk sekadar menyewa ruko atau bahkan bangunan lainnya yang dianggap tepat selama beberapa tahun sekaligus.

Selain itu, pertimbangkan juga biaya yang akan dibutuhkan untuk mengurus IMB jika mendirikan bangunan baru dan juga izin untuk usaha restoran ini, termasuk lisensi jika ternyata Anda akan membangun merek secara luas. 

2. Peralatan 

Restoran tentu akan membutuhkan peralatan dan juga berbagai perlengkapan lainnya, termasuk meja dan juga perlengkapan penyajian. Anda juga membutuhkan dana khusus untuk dekorasi, pengadaan stok bahan makanan dan minuman, pengadaan karyawan yang meliputi gaji, seragam, asuransi, dan lainnya, serta berbagai macam biaya operasional seperti listrik, air, sampah, dan sebagainya. 

3. Kalkulasi kisaran modal dengan tepat

Selain itu, Anda juga tentu membutuhkan kegiatan promosi untuk bisnis yang baru dibangun ini, terutama jika membangun bisnis restoran ini dari titik nol. Semua ini jelas akan membutuhkan biaya yang juga cukup besar, dan nilainya tergantung pada ukuran restoran yang akan Anda dirikan. 

Semakin besar ukuran restoran yang akan Anda dirikan, maka tentu akan membutuhkan berbagai peralatan dan juga SDM yang juga besar, dan tentunya hal ini berbanding lurus dengan jumlah dana yang dibutuhkan. 

Sumber Modal Tepat untuk Bisnis Restoran

Jika berbicara mengenai modal usaha, maka menggunakan dana tabungan atau bahkan dana investasi yang telah dikumpulkan secara khusus untuk kebutuhan ini adalah sumber terbaik untuk bisnis ini. 

1. Tabungan Pribadi

Anda bisa menabung selama beberapa waktu terlebih dahulu, sehingga modal yang dibutuhkan terkumpul dalam jumlah yang mencukupi untuk membangun bisnis ini. Hal ini akan mencegah Anda memiliki sejumlah utang di masa-masa awal bisnis. 

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Namun jika ternyata tidak memiliki modal yang memadai dan berniat untuk segera membangun bisnis restoran, maka mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan. Jika memilih opsi terakhir, pastikan melakukan simulasi dan menyesuaikan utang ini dengan keuangan terlebuh dahulu. 

Rencanakan dan Segera Mulai Bisnis Anda Sendiri
Memulai bisnis restoran bisa dilakukan dengan mudah, jika telah memiliki perhitungan yang baik sejak awal. Meski ini akan menjadi bisnis pertama Anda, pastikan memiliki kemampuan dan keyakinan yang besar untuk menjalankannya. 

Segera rencanakan dan mulai bisnis restoran, sehingga bisa terjun secara langsung di dalam dunia bisnis yang Anda impikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya