Mudik, BPH Migas Minta Pertamina Tambah Pasokan Premium

Suasana di SPBU rest area.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA – Menjelang arus puncak mudik Lebaran, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta PT Pertamina menyediakan tambahan pasokan premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali. Sebelum puncak arus mudik, setidaknya ada tambahan 571 SPBU yang menjual Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali.

Menteri ESDM Resmikan 17 Titik BBM Satu Harga, Ini Lokasinya

Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa mengatakan, pihaknya telah mengambil keputusan bahwa kuota Premium di wilayah Jawa, Madura, dan Bali ditetapkan sebanyak 4,3 juta kiloliter (kl). Hal ini menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018.

"Ini bentuk komitmen pemerintah bahwa wajib menjamin ketersediaan dan distribusi BBM di seluruh NKRI," kata Ifan, sapaan Fanshurullah Asa, di SPBU Pertamina yang berlokasi di Rest Area Tol Cipali, KM 102, Jawa Barat, Jumat 1 Juni 2018.

Kata BPH Migas Soal Nasib Proyek Pipa Gas Bumi Cirebon-Semarang

Ia mengakui, Premium masih menjadi pilihan masyarakat terutama pada saat mudik Lebaran. Diharapkannya, di sejumlah SPBU yang sudah cukup mumpuni menyediakan Premium bisa secepatnya dipasok. "H-7 Insya Allah sudah ada," ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, Pertamina menyiapkan sebanyak 16 mobil dispenser Premium dari Cikampek hingga Jawa Timur.

Aturan Penetapan Harga BBM Diubah Jokowi, Ini Kata Pertamina

Di tempat yang sama, Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur Pertamina, Gandhi Sriwidodo mengatakan, perusahaan berkomitmen untuk menambah pasokan Premium di 571 SPBU. Upaya ini sesuai yang ditugaskan oleh pemerintah.

Dengan adanya tambahan 571 SPBU, akan ada sebanyak 2.090 SPBU Pertamina di Jawa, Madura, dan Bali yang akan menjual Premium.

Proses distribusi BBM satu harga

Pertamina Resmikan 9 Titik Penyalur BBM 1 Harga di Papua dan Maluku

Di Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat terdapat 18 titik BBM satu harga Pertamina yang telah diresmikan dan beroperasi pada tahun 2021.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2021