AP II Ingatkan Kini Ada Banyak Pilihan Check In Pesawat

Kepadatan di Bandara Soekarno Hatta Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Maulida

VIVA – Direktur Teknik dan Operasi Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo menyadari selalu ada peningkatan penumpang saat mudik Lebaran. Karena itu, bandar udara yang dikelola pihaknya akan meningkatkan pelayanan, di antaranya dengan kemudahan saat melakukan check in.

Erick Thohir Sebut Karpet Bandara Soetta Jelek, Ini Respons AP II

"Bandar udara saat Lebaran atau bukan Lebaran harus siap, khususnya keselamatan dan keamanan. Saat Lebaran, jumlah penumpang meningkat. Biasa 160 ribu orang, Lebaran 220 ribu orang," kata Djoko dalam diskusi di Jakarta, Sabtu 2 Juni 2018.

Menurutnya, akibat meningkatnya jumlah penumpang, maka penggunaan fasilitas pun padat. AP II pun sudah menyediakan berbagai fasilitas berbasis digital.

AP II Targetkan 20 Bandaranya Pakai PLTS di 2025

"Check in tidak harus ke counter, tetapi self check. Kalau masih penuh, silakan mobile service check in. Penumpang tinggal lapor nomor reservasi, dengan gadget kita bantu," ujarnya.

Ia melanjutkan, check in juga bisa melalui website dan aplikasi di telepon genggam. Penumpang bisa mengunduh lebih dulu aplikasi Indonesia Airport.

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar 10 Bandara Tersibuk di Dunia

"Bisa website check in di rumah," tambahnnya. 

Djoko menuturkan, jalan menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta) biasa akan mengalami kemacetan tinggi saat mudik Lebaran. Sebab, tanpa momen Lebaran, misalnya akhir pekan saja sudah mengalami kemacetan.

"Sudah tersedia kereta api bandara dari Stasiun Sudirman. Dari BNI ke Soetta, 45 menit. Berangkatnya, fix lebih dari 21 menit. Misalnya jam 7.21. Mudah-mudahan, semua lancar. Kalau ada sesuatu, kita siapkan mitigasi," ungkapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya