Tips Bisnis Rental Mobil Dadakan saat Musim Mudik Lebaran

Ilustrasi rental mobil
Sumber :
  • Google

VIVA – Puasa akan segera berakhir. Itu berarti libur Lebaran pun sudah ada di depan mata. Menyambut libur Lebaran rasanya kurang komplet kalau tidak mengunjungi kampung halaman dan bersilaturahmi kepada sanak saudara.

Sempat Diremehkan, Michella Ham Bagi Tips Sukses Bangun Bisnis di Usia 23 Tahun

Momen ini menjadi momen paling pas bagi pemilik rental mobil untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah di tengah padatnya arus mudik Lebaran. Agar bisnis ini berjalan lancar, lakukan tips sukses rental mobil menjelang Lebaran nanti seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Membuat rencana bisnis

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Apa pun jenis bisnis yang akan digeluti, sangat penting untuk membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Dengan adanya rencana, Anda pun jadi lebih tahu mengenai prosedur perentalan mobil dan aspek-aspek yang terkait di dalamnya. 

Perhitungkan jumlah mobil yang dibutuhkan untuk mengetahui jumlah bujet secara keseluruhan. Dengan mengetahui kisaran modal, Anda pun bisa mengambil inisiatif untuk mengajukan permohonan kredit ke bank apabila modal yang dimiliki belum mencukupi. 

Tarif Rental Mobil Naik Drastis Jelang MotoGP Mandalika 2022

Pertimbangkan pula besar bunga bank yang harus dibayarkan untuk menghindari adanya kredit macet selama proses pelunasan pinjaman.

2. Mengatur waktu penyewaan

Waktu penyewaan mobil sangat bervariasi. Tapi pada umumnya, pemilik rental menyewakan mobil maksimal tiga hari saja. Setelah itu, mobil harus dikembalikan. 

Berhubung momennya sangat spesial yaitu lebaran, mau tidak mau pemilik rental harus memperpanjang waktu penyewaan, misalnya seminggu. Namun, lama waktu penyewaan tergantung Anda selaku pemilik usaha. 

Apabila modal usaha ingin terus berputar, persingkat waktu penyewaan untuk memperbesar jumlah rupiah yang didapat. Sebab, ada biaya potongan sewa yang diberikan kepada si perental mobil apabila waktu sewa semakin panjang.

3. Menetapkan harga rental

Khusus momen Lebaran, harga rental mobil biasanya lebih mahal dibandingkan hari biasa. Kenaikan harganya pun bisa sangat signifikan mengingat banyaknya jumlah permintaan. Meskipun begitu, Anda tidak boleh terlalu tamak karena yang membuka usaha rental tidak hanya satu atau dua orang saja, tapi sangat banyak. 

Agar bisnis rental mobil Anda laku di musim Lebaran, sesuaikan harga sewa dengan harga pasaran. Tidak ada salahnya untuk membandingkan harga sewa di rental yang satu dan rental yang lain untuk menetapkan harga sewa yang paling pas. 

Kalau perlu, berikan promo menarik agar konsumen pun berbondong-bondong datang ke lapak rental mobil milik Anda.

4. Menetapkan syarat perentalan

Bisnis rental mobil sedikit berisiko dibandingkan dengan bisnis lain. Apabila ada perental nakal, bukan tidak mungkin kalau mobil tersebut akan dibawa lari tanpa jejak. Untuk menghindari hal yang seperti ini, tetapkan lah persyaratan khusus sebelum mobil tersebut jatuh ke tangan si perental.

Misalnya dengan menyerahkan identitas berupa fotokopi KTP, paspor, ataupun nomor telepon. Atau harus menyerahkan jaminan BPKB motor maupun motor itu sendiri secara fisik. Apabila hal buruk terjadi, Anda tahu siapa yang Anda cari ke kantor polisi.

Memang, ada sedikit kesan kurang percaya kepada konsumen bila persyaratan ini diberlakukan. Tapi mengingat harga mobil bukanlah murah, Anda bisa menetapkan persyaratan apa pun untuk mengamankan mobil yang disewakan. 

5. Fasilitas yang diberikan

Agar bisnis rental mobil semakin dilirik, berikan fasilitas yang lengkap kepada calon perental, seperti AC, radio, dan fitur hiburan lain. Wajar saja, dalam perjalanan panjang sering muncul rasa bosan. 

Kalau tidak didukung dengan fasilitas yang lengkap, bisnis rental mobil milik Anda bisa saja tidak laku meski musim lebaran sudah tiba. Tetapkan harga sewa yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan. 

Jangan ragu untuk menetapkan harga sewa yang tinggi kalau fasilitas yang diberikan lengkap dan dalam kondisi baik.

6. Rutin merawat mobil

Performa mobil kurang prima saat dikendarai sering terjadi dalam usaha rental mobil. Akibatnya, konsumen pun sedikit kecewa karena tampilan mobil yang sangat bagus dari luar tidak sesuai dengan kenyamanan di dalamnya.

Agar bisnis rental mobil milik Anda memiliki pelanggan tetap, berikan pelayanan ekstra. Rawat mobil secara rutin sebelum mobil tersebut disewakan. Dengan merawat mobil, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran apabila terjadi kerusakan usai mobil disewakan.

Pilih jenis mobil yang pas

Jenis mobil yang direntalkan ternyata berpengaruh pada sukses tidaknya bisnis rental mobil. Berhubung momennya perayaan Lebaran, sediakalah mobil dengan kapasitas kabin yang luas agar dapat menampung jumlah penumpang yang lebih banyak. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya