Jokowi Imbau Pemudik Manfaatkan Tol Bocimi, Hemat Waktu

Tol Fungsional Bocimi
Sumber :
  • ANTARA Foto/Yulius Satria Wijaya

VIVA – Presiden Joko Widodo  mengimbau para pemudik dari Jakarta yang menuju ke arah Jawa Barat bagian selatan untuk menggunakan jalur alternatif baru yaitu Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 km. 

Sopir Bus MGI yang Cekcok di Tol Bocimi dan Ngaku Anak Tentara Dinonaktifkan

Hal tersebut menurut Jokowi bisa menjadi jalur alternatif bagi pemudik yang biasa terjebak macet di jalur Ciawi ke arah Sukabumi. 

Mulai Jumat kemarin, lanjut Jokowi, ruas ini sudah dibuka secara fungsional tanpa tarif sampai sepekan setelah Lebaran. 

Viral! Sopir Bus MGI Cekcok dengan Pengemudi Mobil di Tol Bocimi: Bapak Gua Tentara

"Melalui ruas tol ini, waktu tempuh Ciawi-Cigombong akan berkurang jauh dari sekitar satu sampai dua jam menjadi hanya sekitar 20 menit," ujar Jokowi melalui akun Facebook-nya seperti dikutip VIVA, Sabtu 9 Juni 2018. 

Dalam akunnya tersebut, Jokowi menjelaskan, selama tol Bocimi dibuka fungsional, telah disiapkan tiga pintu tol, yakni pintu Tol Ciawi, Cimande/Caringin, dan Cijeruk/Cigombong. 

Tol Bocimi Dibuka Fungsional One Way untuk Arus Balik Lebaran, Simak Jadwalnya

"Pengelola juga menyediakan tempat perhentian sementara bagi pemudik di kilometer 10+700 yang dilengkapi parkir kendaraan, toilet, dan musala," tulisnya. 

Disebutkan, panjang Jalan Tol Bocimi ini seluruhnya mencapai 54 kilometer. Tol ini akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 kilometer bila melalui jalan arteri dari semula sekitar 5 jam menjadi sekitar satu dua jam saja. 

"Adapun tol fungsional di jalur Trans Jawa akan dibuka seluruhnya sejak pukul enam pagi ini untuk mudik Lebaran 2018," tutup Jokowi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya