Pertemuan Trump-Jong Un Berdampak Tak Langsung pada RI

Menteri Kordinator Perekonomian, Darmin Nasution
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dijadwalkan bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un pada Selasa 12 Juni 2018. Pertemuan itu bakal digelar di Pulau Sentosa Singapura, setelah beberapa waktu lalu pertemuan itu kerap dibatalkan.

Akhirnya Trump Injakkan Kaki di Korea Utara, Bertemu Kim Jong-un

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution belum dapat memperkirakan dampak pertemuan itu bagi perekonomian Indonesia. Lagi pula, semua bergantung pada kesepakatan hasil pertemuan Trump dengan Jong Un.

"Tegantung, mereka sepakatnya apa besok," kata Darmin menjawab pertanyaan wartawan ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, pada Senin 11 Juni 2018.

Kim-Trump Mulai Pertemuan Bilateral Bahas Denuklirisasi Hari Ini

Menurut Darmin, kesepakatan politik apa yang dihasilkan dalam pertemuan itu menjadi hal penting bagi banyak pihak. Tak dipungkiri bahwa pertemuan itu akan memunculkan sentimen kepada sektor ekonomi. “Sentimen ke ekonomi itu akibat tidak langsungnya, bukan akibat langsung," ujarnya.

Rencana pertemuan Trump dengan Jong Un pernah dibatalkan pekan sebelumnya, namun kembali dijadwalkan setelah delegasi Korut membawa surat dari Jong Un kepada Amerika. Trump juga berharap, pertemuannya dengan pemimpin Korut nanti, memberikan kesepakatan-kesepakatan dan hasil positif.

Donald Trump dan Kim Jong Un Mulai Pertemuan Empat Mata

Singapura yang menjadi tuan rumah pertemuan kedua pemimpin telah menetapkan area khusus di Pulau Sentosa. Langkah-langkah pengamanan ekstra akan berlaku di daerah itu pada periode 10-14 Juni.

Adapun Hotel Capella di Pulau Sentosa dipilih, karena terletak di atas 12 hektare tanaman hijau yang rimbun dan terawat dengan nuansa bangunan kolonial.

Kim Jong-un bertemu Presiden AS Donald Trump di DMZ

Mengenal Zona Demiliterisasi, Lokasi Pertemuan Trump dan Jong-un

DMZ merupakan perbatasan era Perang Dingin yang terakhir di dunia.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2019