Meroket, H-2 Lebaran Harga Petai Rp300 Ribu Per Kilogram

Menjual petai
Sumber :
  • Antara/ Nila Fu'adi

VIVA – Jelang hari raya Idul Fitri, harga petai di Kota Bandung, melonjak naik. Buah khas berwarna hijau tersebut, dibanderol seharga Rp300 ribu per kilogramnya.

Usai Minyak Goreng dan Kedelai, Kini Harga Daging Sapi Merangkak Naik

Pedagang Petai di pasar Ciroyom Bandung, Dian mengungkapkan, kenaikan harga petai terjadi sejak sepekan terakhir. Hal itu, lanjut dia, karena terjadinya kelangkaan petai di Bandung, sedangkan permintaan meningkat.

Dengan kenaikan harga petai tersebut, maka makanan yang enak disajikan dengan sambal ini, harganya telah melampaui harga daging sapi di pasaran saat ini.

Meroketnya Harga Pangan Buat Nilai Tukar Petani Desember 2021 Naik

"Kelangkaan ini terjadi sejak sepekan terakhir. Sementara itu, pembeli yang mencari petai semakin banyak," tegas Dian, dikutip dari laporan tvOne, Rabu 13 Juni 2018.

Sementara itu, memasuki H-2 Lebaran 2018, kenaikan harga juga terjadi pada harga komoditas pangan seperti Cabai Merah di Bandung. Di mana, harganya dikini dibanderol Rp80 ribu per kilogramnya.

Airlangga: Harga Pangan yang Naik Akhir Tahun Untungkan Petani

Sebelumnya, harga Cabai Merah hanya diperdagangkan sebesar Rp40 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut, sudah terjadi dalam satu pekan terakhir akibat pasokan dari bandar tidak ada.

"Awalnya Rp40 ribu per kilogram, kini sudah Rp80 ribu perkilogram untuk Cabai Merah. Lalu, Bawang Merah juga naik dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu per kilogram," ungkap Depi, pedagang Sayuran di Pasar Ciroyom.

Laporan: John Hendra/Bandung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya