H+3 Lebaran, 60 Persen Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta

Pantauan Kemacetan Arus Balik di Tol Cikampek dari Udara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Kementerian Perhubungan sepanjang H+1 hingga H+3 Lebaran mencatat arus Balik Idul Fitri 1439 H yang melintas gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat baru terealiasi sebanyak 339.582 kendaraan.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan jumlah tersebut hanya 40 persen dari total prediksi arus balik yang melintas pada H+1 hingga H+8 Lebaran.

Menurut dia, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait memprediksi arus balik ke wilayah Jakarta dan sekitarnya sepanjang H+1 hingga H+8 Lebaran dapat mencapai 841.253 kendaraan.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

"Jadi hingga H+3 ini baru 40 persen pemudik yang kembali ke Jakarta lewat gerbang Tol Cikarang Utama. Sehingga perlu ekstra endurance, karena masih 60 persen lagi yang belum kembali," jelas Bambang kepada VIVA, Rabu 20 Juni 2018.

Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi arus balik tersebut, Bambang mengakui pada hari ini masih diberlakukan upaya rekayasa lalu lintas. Seperti One Way (satu jalur) dari Tol Palimanan hingga Cikarang Utama.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Kemudian, lanjut dia, rekayasa lalu lintas juga diberlakukan di Tol Cikarang Utama hingga Cawang KM 3 dengan membuat contra flow, sehingga arah Jakarta diberlakukan lima jalur.

Sementara itu, Bambang memastikan, bahwa pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan One Way hanya berlaku hingga hari ini saja, atau Rabu 20 Juni 2018.

"One Way di Tol arah ke Jakarta hanya akan berlaku hingga hari ini saja sesuai dengan perkiraan jumlah kendaraan yang akan balik ke Jakarta," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya