Tak Cuma Nonton, Suporter Asian Games Didorong Belanja

Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Sedikitnya 170 ribu suporter dari negara-negara Asia akan berkunjung ke Jakarta dan Palembang sepanjang perhelatan Asian Games XVIII pada 18 Agustus hingga 2 September 2018. Suporter tersebut tak hanya menonton namun didorong untuk wisata berbelanja di kedua kota.

5 Trik Biar Uang THR Gak Habis Buat Keperluan Lebaran

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Bambang Prihantoro, mengatakan hal itu merupakan upaya penyelenggara supaya perhelatan olah raga tingkat benua Asia itu memberikan dampak ekonomi yang signifikan untuk Indonesia.

"Kita sudah berinvestasi triliunan rupiah. Kalau tidak ada dampak ekonomi, berarti Asian Games tidak sukses. Karena kita ingin tidak hanya sukses di penyelenggaraan pertandingan, tetapi Asian Games juga memberi dampak ekonomi yang tinggi," ujar Bambang dalam diskusi penyiapan transportasi Asian Games di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Juni 2018.

Lebaran Pengeluaran Membengkak? Ini 7 Tips Menyiasatinya Biar Lebih Hemat

Bambang menyampaikan, strategi yang ditempuh adalah menyediakan sarana transportasi yang menghubungkan hotel tempat para suporter menginap, ke venue pertandingan, sekaligus juga sejumlah mal dan tempat-tempat wisata di Jakarta.

Menurut dia, tak kurang dari 437 unit bus yang disiapkan, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI, PT Transportasi Jakarta, serta sejumlah operator bus untuk mendukung hal itu.

Pembelian Impulsif di Balik Keranjang Belanja Konsumen

Bus-bus itu di antaranya akan disiapkan untuk mengangkut para suporter yang menginap di hotel-hotel di lima kawasan, yaitu Sentra Kuningan, Semanggi, Dukuh Atas, Hotel Indonesia, serta Gambir.

"Kita beri aksesibilitas, kemudahan untuk suporter, tamu asing, supaya mereka dengan mudah pergi berbelanja, juga ke tempat-tempat pertandingan. Mengapa demikian? Mereka harus spending untuk beri dampak ekonomi," ujar Bambang. (ren)

Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie juara BAC 2024

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jonatan Christie sang juara badminton Indonesia tidak hanya memukau publik dengan kelincahannya di lapangan. Ia pun menginspirasi banyak orang dengan kisah dermawannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024