Menteri Rini Jamin Magang di BUMN Tak Cuma Fotokopi dan Bikin Kopi

Menteri Negara BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • VIVA/Daru Waskita

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, akhirnya meresmikan program magang bersertifikat untuk kalangan mahasiswa program Avokasi UI di sejumlah perusahaan BUMN. Kebijakan ini nantinya akan berlaku juga untuk perguruan tinggi lainnya.
  
Hal itu ia ungkapkan usai menghadiri Dies Natalis Vokasi UI, di auditorium Vokasi UI, Depok, Kamis 28 Juni 2018. Rini menjelaskan, keterlibatan BUMN merupakan sinergi yang saling menguntungkan karena SDM unggul yang lahir dari program ini sekaligus akan menjadi alternatif sumber rekrutmen BUMN.

HUT RI, Moonton Cares Berikan Beasiswa dan Jalin Kerjasama dengan Universitas

“Saya tegaskan program ini merupakan sinergi yang saling menguntungkan,"katanya.

Rini berjanji, mahasiswa yang mengikuti program magang bersertifikat di jajaran BUMN akan mendapatkan pengalaman profesional. Dan hal itu akan dimonitoring langsung oleh dirinya bersama sejumlah direktur terkait. 

Nasabah Pegadaian Melonjak Selama COVID-19 jadi 3 Juta Orang

“Jadi enggak ada lagi tuh mahasiswa magang cuma disuruh fotokopi apalagi bikin kopi, kayak saya dulu,” katanya.

Rini berharap, mahasiswa maupun mahasiswi yang mengikuti program magang bersertifikat itu betul-betul mendapat ilmu yang bermanfaat sesuai dengan bidang yang digelutinya saat belajar di perguruan tinggi. Hal itu, menurutnya perlu komunikasi dua arah.

Adaptasi di Tengah Pandemi, KAI Optimalkan Aset Ini Jaga Kinerja

“Tentu kami akan lakukan monitoring. Ini adalah forum SDM seluruh direktur BUMN. Jadi yang perlu ditekankan, kami melihat program ini sangat penting. Ke depannya adalah persiapan human capital untuk Indonesia,” jelasnya.

Sebagai informasi, perjanjian kerja sama magang bersertifikat itu, tadinya didukung 10  persuhaan, namun kini bertambah menjadi 13 perusahan BUMN dengan program pendidikan Vokasi UI. 

Sejumlah perusahaan itu diantaranya adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Nasional Indonesia Tbk, PT Taspen (Persero), Perum BULOG, PT Waskita Karya Tbk, Perum Perikanan Indonesia, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Perkebunan Nusantara III.
        
“Saya bangga dengan BUMN yang terlibat dalam program ini, saya akan terus mendorong BUMN untuk bersinergi. Kepada para mahasiswa pesan saya, berkarier di BUMN merupakan kesempatan yang bagus, jadi manfaatkanlah peluang ini,” kata Rini.

Di tempat yang sama, Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Sigit Pranowo Hadiwardoyo mengatakan, program vokasi merupakan salah satu program yang menyiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli dan profesional yang menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi, maupun seni budaya sebagai upaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Melalui pendidikan keterampilan dan keahlian, program ini diarahkan untuk menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga peserta dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri.

“Semoga kerja sama ini mendorong kolaborasi-kolaborasi lain antara perguruan tinggi dengan dunia industri di Indonesia baik di sektor publik maupun swasta,” tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya